Pilkada

Pilkada Depok Siap Dilaksanakan Desember 2020, Begini Penjelasan Ketua KPU

Wabah virus corona atau Covid-19, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kota Depok digelar Desember 2020.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi - Pilkada Kota Depok 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Wabah virus corona atau Covid-19 belum mereda hiangg berdampak banyaknya agenda penting diundur.

Salah satu diantaranya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, dan Kota Depok jadi salah satu daerah yang menjadi pesertanya.

Awalnya, pesta demokrasi ini dijadwalkan berlangsung pada 23 September mendatang, namun kemudian diubah ke bulan lain namun tetap di tahun 2020.

Perubahan agenda Pilkada serentak ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Pemerintah Pengganti Undang-Undanh Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Koya Menjadi Undang-Undang.

Achmad Purnomo Mundur dari Pilkada Solo, Saat Tampil Bareng Gibran di Polresta Tampak Kaku, Kenapa?

KASN dan Bawaslu Gelar Rapat Online Bahas Pilkada Serentak 2020

Pilkada Serentak Terancam Ditunda Imbas Wabah Virus Corona, KPU Kota Depok Tunggu Perppu Presiden

"Sebagaimana diketahui sebelumnya, bahwa tahapan pilkada Depok dan sejumlah daerah lain di Indonesia telah ditunda oleh KPU RI"

"Mengingat mewabahnya covid-19 di Indonesia bahkan dunia," ujar Ketua KPU Depok Nana Shobarna saat dihubungi Warta Kota melalui telepon, Rabu (6/5/2020).

Atas perubahan ini, Nana mengatakan pihaknya telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor: 36/HK.03.1-Kpt/3276/KPU-Kot/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Selain perubahan hari pencoblosan, penundaan ini juga terjadi pada berbagai macam tahapan jelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok 2020.

Diantaranya tahapan Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan masa kerja PPS.

Halaman
1234
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved