Virus Corona Jabodetabek

Membeludaknya Pasien Covid-19, RSUI Tambah 2 Ruang Perawatan Intensif dan Isolasi di Dua Lantai

RSUI membuka ruang perawatan baru khusus untuk penanganan pasien Covid-19 yang dilengkapi dengan ruang intensif dan ruang isolasi.

dok RSUI
Penampakan gedung RSUI yang dipakai untuk merawat pasien akibat Covid-19 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) membuka ruang perawatan baru khusus untuk penanganan pasien Covid-19 yang dilengkapi dengan ruang intensif dan ruang isolasi.

Terus meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Depok,  RSUI menambah ruang perawatan baru khusus untuk penanganan pasien Covid-19.

Plt. Direktur Utama RSUI, Dr dr Sukamto, Sp.PD., K-AI mengatakan, ruang tersebut dilengkapi dengan ruang intensif dan ruang isolasi.

Untuk ruang isolasi berlokasi di dua lantai, yakni lantai 13 dan lantai 14.

Penampakan ruang perawatan intensif dan isolasi yang ada di RSUI untuk merawat pasien akibat Covid-19
Penampakan ruang perawatan intensif dan isolasi yang ada di RSUI untuk merawat pasien akibat Covid-19 (dok RSUI)

Di lantai 13 berisikan 23 tempat tidur, sedangkan di lantai 14 terdapat 18 tempat tidur, sehinhga total ruang perawatan yang baru dibuka sebanyak 41 tempat tidur.

“Sebelumnya, RSUI telah menyiapkan ruang perawatan intensif untuk pasien Covid-19 dewasa di lantai 3 berkapasitas 18 tempat tidur dan untuk anak di lantai 6 berkapasitas 8 tempat tidur, yang terpisah dengan ruang perawatan pasien non Covid-19," katanta dalam keterangan rilis yang diterima Warta Kota, Rabu (6/5/2020).

Namun, kata Sukamto, jumlah ruang rawat Covid-19 dirasakan masih kurang seiring meningkatnya kasus.

Untuk itu, guna memenuhi kebutuhan perawatan pasien Covid-19, RSUI kembali membuka ruangan perawatan baru dengan jumlah kapasitas yang lebih banyak, yaitu ruang rawat isolasi dengan 41 tempat tidur yang akan dioperasikan secara bertahap.

"Semua ruang rawat Covid-19 yang ada di RSUI dipersiapkan dengan tekanan negatif sehingga risiko penularan dapat ditekan," katanya.

Untuk mendukung penanganan pasien Covid-19 lebih optimal, Sukamto mengatakan RSUI juga dilengkapi dengan beberapa alat bantu pernafasan atau ventilator.

Halaman
1234
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved