Virus Corona

Rumah Sakit Citra Medika dan Hasanah Graha Afiah Depok Jadi RS untuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Dari kedua RS tersebut, Idris mengatakan total tempat tidur yang disediakan mencapai 95 unit.

Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat memberi keterangan kepada wartawan seusai meresmikan pemberlakuan PSBB di Kota Depok, Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Depok, Selasa (14/4/2020) 

Laporan Wartawan Warta Kota, Vini Rizki Amelia

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK -- Dua rumah sakit (RS) di Kota Depok akhirnya ditambahkan menjadi RS yang menangani pasien terinfeksi Covid-19 yakni RS Citra Medika dan RS Hasanah Graha Afiah (HGA).

Hal ini dilakukan oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 440/121/Kpts/Dinkes/Huk/2020 tentang Penetapan RS Umum HGA sebagai Rumah Sakit Dedikaai penanggulangan Covid-19.

Selain RSU HGA, Idris juga mengeluarkan SK Nomor 440/122/Kpts/Dinkes/Huk/2020 tentang Penetapan RS Citra Medika Depok sebagai  RS Isolasi Darurat Penanganan Covid-19 di Kota Depok.

Mulai Selasa Ini, Masyarakat yang Melintasi Perbatasan Kota Bekasi akan Dites Swab Covid-19

“Dua rumah sakit ini ditetapkan sebagai rumah sakit isolasi darurat untuk menambah kebutuhan isolasi mandiri masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG),” ujar Idris kepada  wartawan di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Depok, Senin (4/5/2020).

Dari kedua RS tersebut, Idris mengatakan total tempat tidur yang disediakan mencapai 95 unit.

Dengan rincian, RS HGA sebanyak 16 tempat tidur, dan RS Citra Medika 79 tempat tidur.

Saat Melintas di Kota Depok Karyawan yang Tak Punya Surat Tugas akan Dipulangkan

Dari penetapan ini, terdapat mekanisme dalam memanfaatkan fasilitas isolasi di rumah sakit tersebut. 

Yakni, warga yang ingin berobat terkait Covid-19 harus memiliki surat rujukan atau rekomendasi dari Puskesmas yang menangani ODP, PDP, dan OTG.

“Jika ada warga yang tidak dapat isolasi mandiri di rumah, Puskesmas merekomendasikan ke dua rumah sakit ini, sehingga terkendali dalam pemanfaatan fasilitasnya,” paparnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Pemkot Depok juga telah merilis sembilan RS sebagai RS rujukan untuk penanganan pasien terinfeksi virus Corona. Di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, RS Puri Cinere, RS Melia Cibubur, RS Hermina, RS Mitra Keluarga, RS Bhayakara Brimob, RS Tugu Ibu, RS Bunda Margonda dan RS Universitas Indonesia (UI).

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved