Virus Corona Jabodetabek

Pulau Sebaru Bakal Dijadikan Rumah Sakit Jika Kasus Covid-19 di Kepulauan Seribu Melonjak

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu akan menjadikan Pulau Sebaru sebagai rumah sakit, apabila kasus Covid-19 mengalami peningkatan.

WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Velbed pinjaman dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta didistribusikan ke sejumlah tempat karantina atau isolasi di Kepulauan Seribu. 

WARTAKOTALIVE, KEPULAUAN SERIBU - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu akan menjadikan Pulau Sebaru sebagai rumah sakit, apabila kasus Covid-19 mengalami peningkatan.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan, wacana itu sekaligus tanggapan usulan agar Pulau Sebaru menjadi tempat observasi atau isolasi pasien Covid-19.

“Pulau Sebaru bukan tempat observasi lagi, tapi rencananya akan dijadikan semacam rumah sakit apabila terjadi skala buruk pandemi Covid-19 di Pulau Seribu,” kata Junaedi, Senin (4/5/2020).

Minta PSBB Dievaluasi, Jokowi: Yang Sudah Positif Covid-19 Saja Masih Bisa Lari dari Rumah Sakit

Apalagi, saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Seribu sudah mengupayakan berbagai cara dengan menyiapkan tempat karantina atau isolasi.

“Ada 39 tempat karantina atau isolasi di 11 pulau permukiman dan Pulau Karya."

"Di antaranya sekolahan, GOR, SKKT, dan juga sudah dilengkapi oleh velbed di setiap lokasi karantina,” tuturnya.

Anies Baswedan Sebut Pendidikan Menentukan Respons Masyarakat Terhadap Pandemi Covid-19

Sebelumnya, wilayah Pulau Sebaru, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, diusulkan menjadi tempat observasi dan isolasi pasien positif Covid-19.

Gagasan tersebut diusulkan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kepulauan Seribu, setelah ditemukannya kasus pasien positif Virus Corona di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Ketua DPD II KNPI Kepulauan Seribu Lukman Hadi beralasan, saat ini rumah sakit rujukan di DKI Jakarta sudah hampir penuh dan tidak dapat lagi menampung pasien positif Covid-19.

 Kena PHK Massal, Buruh di Tangerang Iris Urat Nadi di Pergelangan Tangan Hingga Meninggal

“Kenapa tidak di Pulau Sebaru aja kita jadikan tempat rujukan observasi bagi pasien Covid-19? Baik warga pulau sendiri dan warga DKI jakarta lainnya,” ujar Lukman, Minggu (3/5/2020).

Halaman
1234
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved