Komunitas

Hasil Audiensi Komunitas Tangan Di Atas Bersama Wakil Ketua MPR, UMKM Indonesia Harus Bersatu

Tangan Di Atas, komunitas terbesar di Tanah Air yang selama ini memberi pelatihan pelaku UMKM, mengajak anggota berbincang dengan Lestari Moerdijat.

Dokumentasi Pribadi
Donny Kris Puriyono, Presiden Komunitas Tangan Di Atas yang juga pemilik outlet oleh-oleh Malang Strudel, saat berbicara didepan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), awal Mei 2020. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ditengah wabah virus corona, seluruh elemen masyarakat terkena dampaknya, terlebih para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Tangan Di Atas (TDA), komunitas terbesar di Tanah Air yang selama ini memberi pelatihan ke pelaku UMKM, mengajak anggotanya di 95 kota di Indonesia berbincang bersama Lestari Moerdijat.

Lestari Moerdijat yang akrab disapa Rerie sekarang menjabat Wakil Ketua MPR Bidang Aspirasi Masyarakat dan Daerah.

Kredit Bank DKI di Sektor UMKM Alami Pertumbuhan Hingga Sebesar 10,26 Persen

Kadin Sebut Pandemi Covid-19 Bikin 40 Juta Orang Menganggur, Napas UMKM Tinggal Dua Bulan

Ada 5 poin yang disampaikan Tangan Di Atas ke Lestari Moerdijat, yakni perpajakan, percepatan perizinan, peminjaman lunak dan pembinaan, serta memperluas akses pasar.

Terkait perpajakan, Tangan Di Atas yang anggotanya adalah para pelaku UMKM minta pemerintah membebaskan PPH final hingga setahun kedepan.

Tangan Di Atas juga meminta percepatan perizinan karena UMKM banyak yang harus berganti bisnis menyesuaikan kondisi masyarakat.

"Banyak kantor pemerintah yang tutup sehingga UMKM tidak bisa mengurus perizinan. Selama masa wabah ini, kami harap UMKM dibantu agar tetap jalan," kata Rudi Sahputra, Direktur Kebijakan Publik Tangan Di Atas, dalam siaran pers, Senin (4/5/2020).

Gratis Endorse Bulan Suci Ramadan, Begini Cara Agar Produk UMKM Diunggah Annisa Pohan di Instastory

Imbas Covid-19, Alfamart dan Alfamidi Gratiskan Biaya Sewa Tenant kepada lebih dari 12.000 UMKM

Untuk memperluas akses pasar, Tangan Di Atas sudah membuat platform belitda.com berisi katalog produk UMKM dari sekitar 23.000 anggota yang bisa disinergikan dengan program pemerintah.

Donny Kris Puriyono, Presiden Tangan Di Atas yang juga pemilik outlet oleh-oleh Malang Strudel, menyatakan, dialog pelaku UMKM bersama Lestari Moedijat perlu dilakukan di masa wabah ini.

"Kita perlu bersatu dan sinergi antara UMKM dan pemerintah. Dialog ini perlu untuk menyerap aspirasi masyarakat bawah," kata Donny Kris Puriyono.

Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved