Virus Corona

The Reds Kecewa dengan Pernyataan Wali Kota Liverpool Soal Kelanjutan Liga Inggris

Jika kompetisi kembali digelar bisa jadi penggemar Liverpool akan berkumpul di luar Stadion Anfield atau di luar stadion lain.

Twitter @LiverpoolFC
Pelatih Liverpool Juergen Klopp mengangkat tropi juara Piala Dunia Antarklub yang diraih klub tersebut untuk pertama kalinya. Liverpool kalahkan Flamengo 1-0 

Manajemen Liverpool tidak senang dengan pernyataan Wali Kota Liverpool, Joe Anderson, yang tidak sepakat Liga Inggris musim ini kembali dilanjutkan. Anderson khawatir, jika kompetisi kembali dilanjutkan, wabah virus corona bisa merebak lebih parah lagi.

Wali Kota Liverpool, Inggris, Joe Anderson, tidak sepakat Liga Inggris musim ini kembali dilanjutkan. Dia khawatir jika kompetisi kembali digelar, penularan virus corona di Liverpool akan kembali merebak.
Wali Kota Liverpool, Inggris, Joe Anderson, tidak sepakat Liga Inggris musim ini kembali dilanjutkan. Dia khawatir jika kompetisi kembali digelar, penularan virus corona di Liverpool akan kembali merebak. (Liverpool Echo)

Seperti di negara lain, kompetisi sepak bola di Inggris atau Premier League ditunda sementara dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus penyebab Covid-19 itu. Belakangan muncul wacana memulai kembali digelar dengan tanpa penonton di dalam stadion.

Liverpool sangat mendukung ide melanjutkan Premier League 2019-2020. Saat ini tim yang diasuh oleh Juergen Klopp itu berada di puncak klasemen dan hanya membutuhkan dua kemenangan untuk mengamankan gelar juara Liga Inggris, yang mereka nanti-nantikan selama 30 tahun terakhir.

Anderson memiliki pandangan yang berbeda. Dia mengatakan dalam sebuah wawancara dengan BBC Sport, jika kompetisi kembali digelar bisa jadi penggemar Liverpool akan berkumpul di luar Stadion Anfield atau di luar stadion lain, tempat The Reds bertarung.

Stadion Anfield menjadi salah satu tujuan wisatawan asing yang berkunjung ke Liverpool.
Stadion Anfield menjadi salah satu tujuan wisatawan asing yang berkunjung ke Liverpool. (bbc.co.uk)

Pertemuan semacam itu merupakan pelanggaran atas aturan jaga jarak sosial (social distancing). ”Banyak orang yang akan datang untuk merayakannya. Jadi, saya pikir itu bukan permulaan. Saya pikir akan sangat sulit bagi polisi untuk membuat orang terpisah dan menjaga jarak sosial jika mereka akan merayakan di luar Anfield. Itu akan sangat lucu,“ kata Anderson.

Manajemen Liverpool merespons pernyataan Wali Kota Liverpool itu dan merilis pernyataan di laman resmi mereka, Kamis (30/4) waktu setempat. “Sebagai klub, kami menyadari dan kecewa dengan komentar yang dikaitkan dengan Wali Kota Joe Anderson dalam wawancara media yang dipublikasikan hari ini,“ tulis The Reds.

“Selain kurangnya bukti untuk mendukung klaim seperti itu, kami juga akan menunjukkan diskusi baru-baru ini dengan Wali Kota Anderson terkait dengan kemungkinan sepak bola tertutup, yang menyimpulkan bahwa penting bagi pemangku kepentingan utama di seluruh kota untuk terus melanjutkan terlibat dan bekerja secara kolaboratif.“

Sadio Mane dan Mohammed Salah bersalaman usai mencetak gol pertama untuk Liverpool oleh Salah.
Sadio Mane dan Mohammed Salah bersalaman usai mencetak gol pertama untuk Liverpool oleh Salah. (twitter @LFC)

“Dalam beberapa pekan terakhir, kami telah terlibat dengan kelompok-kelompok pendukung yang telah memberi tahu kami tentang tekad mereka untuk menghormati langkah-langkah jaga jarak sosial dan dalam hal dimulainya kembali sepak bola, kami akan terus bekerja dengan mereka dan pemangku kepentingan utama lainnya dalam menjaga dengan keinginan kita bersama untuk mencapai tujuan penting ini. Sebagai bagian dari operasi kami yang sedang berlangsung, kami secara teratur berhubungan dengan Wali Kota dan kantornya dan kami berharap pembicaraan ini dapat berlanjut,“ tulis Liverpool.

Pada kesempatan terpisah, pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, meyakini pilihan untuk melanjutkan kompetisi musim ini adalah pilihan terbaik bagi sepak bola pada umumnya dan khususnya Liga Inggris.

“Jika bisa memainkan sembilan sisa pertandingan musim ini, itu akan menjadi pilihan terbaik bagi kita semua. Itu hal yang baik bagi sepak bola, juga Liga Inggris,“ kata Mourinho, seperti dilansir Sky Sports.

Jose Mourinho
Jose Mourinho (mirror)

Mourinho belakangan banyak menghabiskan waktunya menjadi relawan untuk mengantarkan barang-barang kebutuhan pokok warga London, di sekitar markas Tottenham. Dia mengaku bukan saja merindukan sepak bola, tetapi situasi dunia yang lebih normal sebelum pandemi terjadi. Namun, dia meminta semua orang untuk sabar.

Jika pada akhirnya Liga Inggris dilanjutkan dan dimainkan di stadion tanpa kehadiran penonton, bagi Mourinho hal itu tidak mengubah kualitas kompetisi. “Saya pikir sepak bola tidak pernah dimainkan secara tertutup. Keberadaan kamera, membuat setidaknya jutaan orang di seluruh penjuru dunia menyaksikan,” katanya.

“Jika kami harus bertanding di stadion yang tribunenya tidak berpenghuni, yakinlah itu bukan ruang kosong, sama sekali bukan,“ imbuh Mourinho.

Penulis: Merdi Iskandar
Editor: Merdi Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved