Virus Corona

Nilai Rupiah Hari Ini Mengalami Penguatan Tajam, Ini Penyebab dan Nilai Tukar Rupiah di 5 Bank

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (30/4/2020) menguat tajam.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ilustrasi rupiah. Hari ini nilai rupiah mengalami penguatan tajam 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (30/4/2020) menguat tajam.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.11 WIB rupiah berada pada level Rp 15.122 per dollar AS atau menguat 172 poin (1,13 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 15.249 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah hari ini terdorong ramai sentiment positif pada keuangan global yang menunjukkan kondisi ekonomi perlahan membaik.

Nilai Rupiah Terus Menguat Tinggalkan Level 16.000 Per Dolar AS, Covid-19 Masih Hantui Pelemahan

Imbas Virus Corona, Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 16.741 per Dollar AS Hingga Kamis 2 April 2020

“Sentimen positif memberikan indikasi awal ke pasar, ekonomi global mulai pulih. Tapi pasar tetap waspada dengan perkembangan wabah dan dampak negatif ke perekonomian,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Adapun sentimen positif pagi ini yang mendorong pasar keuangan antara lain, laporan kemajuan pengujian obat corona Redemvisir dari perusahaan farmasi AS, Gilead Sciences.

Selain itu, Federal Reserve (The Fed) mengatakan tidak akan memangkas kembali suku bunga acuannya yang kini sudah mendekati nol.

Ini Pertanyaan dan Jawaban Soal SD Kelas 4,5,6 Belajar dari Rumah Via TVRI, Kerajaan Tarumanegara

Sentimen positif juga datang dari penguatan harga minyak dunia yang mulai pulih.

Laporan laba korporasi di AS juga menunjukkan hasil yang menggembirakan, termasuk laporan keuangan dari perusahaan teknologi seperti Facebook dan Microsoft membuat pasar kembali optimis, akan pemulihan ekonomi.

Disisi lain, pelonggaran lockdown di beberapa negara bagian di AS dan Eropa menimbulkan persepsi pasar, pandemi Covid-19 berangsur pulih dan pembukaan ekonomi segera dilakukan.

Ariston memproyeksikan hari ini rupiah akan bergerak pada kisaran Rp 15.150 per dollar AS sampai dengan Rp 15.450 per dollar AS.

Kisah Mantan KSAD Jenderal (Purn) Mulyono Saat Menggembleng Anaknya Hingga Jadi Taruna TNI

Halaman
1234
Editor: Wito Karyono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved