Viirus Corona

Kini, Materi Belajar Sekolah Online Ruangguru Tayang di Kanal Televisi RTV, Ini Jadwalnya

Melalui program ini, siswa-siswi dapat mengakses materi belajar Sekolah Online Ruangguru melalui kanal televisi RTV mulai Senin, 27 April 2020.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Fred Mahatma TIS
Ruangguru
Seorang murid sedang menyaksikan Sekolah Online Ruangguru di televisi. 

“Dengan menghadirkan Sekolah Online Ruangguru sebagai tayangan di kanal televisi RTV, kami ingin mempermudah dan memperluas akses terhadap materi pendidikan berkualitas bagi seluruh siswa di Indonesia..."

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dalam rangka mendukung pemerataan akses terhadap materi pendidikan berkualitas bagi jutaan siswa-siswi di Indonesia, khususnya selama kegiatan belajar dialihkan ke rumah, aplikasi belajar Ruangguru meluncurkan program Belajar di Rumah Aja.

Melalui program ini, siswa-siswi dapat mengakses materi belajar Sekolah Online Ruangguru melalui kanal televisi RTV mulai Senin, 27 April 2020.

Siaran pendidikan tersebut berlangsung setiap hari Senin sampai Jumat pukul 07:30 - 08:00 WIB.

Program siaran pendidikan tersebut menayangkan materi pelajaran kelas 1 hingga 3 SD.

Ikuti Tryout Akbar Sekolah Online Ruangguru, Gratis dan Raih Berbagai Hadiah, Cukup dari Rumah Saja

Kini 3 Operator Terbesar Indonesia Gratiskan Internet Belajar di Aplikasi Ruangguru, Respon Covid-19

Sekolah Diliburkan 2 Minggu, Ruangguru Luncurkan Sekolah Online Gratis

Setiap harinya, Sekolah Online Ruangguru di saluran RTV akan mengangkat satu episode dengan satu topik tematik berisikan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika untuk satu jenjang pendidikan, yang akan ditayangkan secara bergilir dan dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.

Setelah tayangan di RTV selesai pada pukul 08:00 WIB, siswa dapat melanjutkan proses belajar mereka di Sekolah Online Ruangguru secara gratis melalui aplikasi belajar Ruangguru hingga pukul 12:00 WIB. 

Perangi Covid-19, BPF Beri 500 Paket Vitamin dan Madu kepada Tenaga Medis 5 Rumah Sakit di Jakarta

Diusir dari Kosan, 3 Perawat RSUD Bung Karno Solo Kini Tinggal di RS, Wali Kota: Itu Tidak Manusiawi

UPDATE Hari Ini PSBB Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo Dimulai, Kapolda Jatim: Jam Malam Diprioritaskan

Satu keluarga sedang menyaksikan Sekolah Online Ruangguru di televisi.
Satu keluarga sedang menyaksikan Sekolah Online Ruangguru di televisi. (Ruangguru)

Keterbatasan akses internet

Hadirnya Sekolah Online Ruangguru di kanal televisi merupakan gagasan Ruangguru guna mendukung proses pembelajaran siswa, khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan akses internet maupun akses terhadap perangkat teknologi.

“Dengan menghadirkan Sekolah Online Ruangguru sebagai tayangan di kanal televisi RTV, kami ingin mempermudah dan memperluas akses terhadap materi pendidikan berkualitas bagi seluruh siswa di Indonesia," kata Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru, Iman Usman, dalam keterangan resminya, Senin (27/4/2020).

Ini Daftar Lengkap Harga LMPV April 2020, Avanza dan Xpander Diskon Rp 20 Juta, Ertiga Rp 30 Juta

Masuk Bulan Ramadan, Diskon Skutik dan Naked Bike Tembus Rp 1 Jutaan, Tipe Honda Paling Banyak Promo

Iman melanjutkan bahwa keterbatasan jaringan dan koneksi internet dapat menjadi penghalang bagi program Belajar di Rumah Aja.

Di sisi lain, saluran televisi masih menjadi media pembelajaran dan penyampaian pesan yang amat populer bagi siswa dan keluarga di Indonesia.

"Dengan inisiasi ini, kami harap video belajar kami dapat menjangkau lebih banyak lagi siswa di berbagai daerah di Indonesia,” paparnya.

Seorang murid sedang menyaksikan Sekolah Online Ruangguru di televisi.
Seorang murid sedang menyaksikan Sekolah Online Ruangguru di televisi. (Ruangguru)

5 Operator

Ruangguru juga telah bekerjasama dengan lima operator internet dan telekomunikasi di Indonesia, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat, by.U, dan Smartfren yang memberikan paket bebas kuota untuk mengakses aplikasi Ruangguru, sehingga proses belajar para siswa akan menjadi lebih mudah dan terjangkau.

Para siswa yang berada di jenjang pendidikan di atas kelas 3 SD juga dapat memanfaatkan layanan Sekolah Online Ruangguru secara gratis di aplikasi Ruangguru, di mana tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), pukul 08:00 - 12:00 WIB.

Selain fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis. 

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved