Liga Champions

Liverpool Tuding Suporter Atletico Madrid Pembawa Virus Covid-19

Kota Liverpool termasuk kota yang pertama kali terpapar Covid-19. Walikota Liverpool menduga hal itu ada kaitanya dengan laga Liverpool vs Atletico

Sportkeeda
Suporter Atletico Madrid 

Pemerintah Kota Liverpool akan melakukan investigasi terkait merebaknya virus Covid-19 di daerah mereka. Ada dugaan kuat virus itu dibawa oleh suporter Atletico Madrid yang menyaksikan laga kedua babak 16 besar Liga Champions di Anfield 11 Maret lau.

Laga di stadion kebanggaan Liverpool itu tercatat disaksikan langsung oleh 52.000 suporter, 3.000 di antaranya adalah suporter Atletico Madrid. Diduga 3.000 suporter itu membawa virus, karena pemerintah Spanyol telah melakukan lockdown. Dua hari setelah laga tersebut, seluruh laga Liga Inggris ditangguhkan.

Walikota Liverpool Steve Rothertam telah membetuk tim investigasi independen untuk menilai apakah laga tersebut layak digelar atau tidak. Karena saat itu sudah banyak peringatan agar laga itu ditunda, termasuk dari pihak klub Liverpool. Namun permintaan itu diabaikan oleh UEFA.

"Dewan Kota Liverpool bersama Universitas Liverpool dan Universitas Joh Moores, sepakat untuk mengeksplorasi kaitan antara laga tanggal 11 Maret tersebut dengan penyebaran virus Covid-19. Dewan kesehatan publik bersama tim saat ini sedang menghitung ukuran dan ruang lingkup penelitian," kata Rothertam.

"Saat ini fokus kami adalah penanganan komunitas terdampak, jadi kami belum bisa mengetahui kapan laporan penelitian itu selesai dan diumumkan," imbuhnya.

Sejauh ini memang belum ada laporan terpercaya kaitan laga tersebut dengan merebaknya Covid-19 di Liverpool. Namun kepala deputi penasehat kesehatan setempat Angela McLean menyebut hal itu adalah sebuah hipotesis yang sangat menarik untuk dipelajari.

Penulis: Rusna Djanur Buana
Editor: Rusna Djanur Buana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved