Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Menghirup Asap Kendaraan Apakah Dapat Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Ustaz Muhammad Ifna

Apakah menghirup asap dapat membatalkan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ifna.

Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Petugas gabungan Pemkot dan Polres Metro Jakarta Pusat menggelar Patroli dan sosialisasi PSBB Jakarta kepada masyarakat dan pengguna kendaraan di sejumlah wilayah Jakarta Pusat, Sabtu (11/4/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Pembahasan terkait hukum menghirup asap disaat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan menjadi suatu topik pembicaraan yang menarik.

Bagi kaula muda, banyak yang menganggap menghisap rokok saat bulan puasa hukumnya hanya makruh.

Menyikapi persoalan itu, Ustaz Muhammad Ifna pun angkat bicara.

Nyanyikan Dunia Sementara Akhirat Selamanya 3, Ustad Derry Sulaiman Ajak Duet YouTuber Aya Ibrahim

Menurutnya, suatu hal yang sengaja dilakukan dan masuk ke dalam indera perasa saat bulan puasa maka sesoarang dinyatakan batal.

"Untuk rokok tentu ada yang dirasa di mulut. Segala sesuatu yang masuk ke dalam rongga mulut dan terasa di lidah apalagi sampai dihirup dengan sadar dan nyata akan menyebabkan batalnya puasa," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com.

Kendati demikian, pemilik Majelis Taklim Syababul Rahman ini menjelaskan bahwa ada suatu hal terkait asap yang masuk ke indera perasa namun tidak membatalkan puasa.

Sambut Ramadhan Ustadz Abdul Somad Beri 5 Amalan, Termasuk Mandi Wajib dan Shalat Taubat

Menurutnya, segala sesuatu yang tidak sengaja dilakukan maka puasa seseorang tidak akan batal.

"Beda halnya dengan sesuatu yang tidak disengaja. Contoh ketika dia sedang berjalan tiba-tiba ada kendaraan misal truk dan truk itu mengeluarkan asap dan tidak sengaja terhirup. Maka itu tidak batal puasanya karena tidak disengaja," jelasnya.

Lebih lanjut, Ifna berharap agar di bulan suci Ramadhan ini seluruh permasalahan terkait wabah Covid-19 dapat segera teratasi.

"Harapannya semoga negara kita dan negara lainnya bisa terbebas dari virus corona. Biar semua aktifitas berjalan normal," tandasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved