Bulan Suci Ramadan

Ini Alasan Pemkot Jakarta Pusat Kembali Jaring 33 PMKS di Beberapa Ruas Jalan

Pemerintah Kota Jakarta Pusat kembali menjangkau 33 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial yang mangkal di beberapa ruas jalan di Jakarta Pusat.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Sejumlah petugas Satpol PP melakukan penjangkauan terhadap para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang kedapatan berada di emperan toko hingga trotoar di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (24/4/2020) malam. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG - Pemerintah Kota Jakarta Pusat kembali menjangkau 33 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang mangkal di beberapa ruas jalan di Jakarta Pusat, Sabtu (26/4/2020) malam.

Sebelumnya hal serupa juga dilakukan Pemkot Jakpus pada Jumat (25/4) malam di mana menjangkau sebanyak 55 PMKS di kawasan Tanah Abang.

"Ya semalam Satpol PP dan tim menjangkau 33 PMKS. Saat ini mereka sudah ada di GOR Kecamatan Tanah Abang," kata Kasudin Sosial Jakarta Pusat Ngapuli Parangin Angin, Minggu (26/4/2020).

Dikatakan Ngapuli, seperti sebelumnya para PMKS ini akan dilakukan pendataan hingga pemanggilan keluarga jika memiliki. Sehingga mereka tidak terkatung-kantung di emperan toko maupun jalanan.

Menurut Ngapuli, seperti sebelumnya 55 PMKS telah dikembalikan ke keluarganya setelah dijangkau oleh petugas pada Jumat (25/4) malam.

 Jeritan Pilu Pengusaha Restoran di Halim saat Pandemi, 12 Hari Buka Dagangan Hanya Laku Rp 90.000

 BREAKING NEWS: Giliran Rusia Sebut Virus Corona Buatan Manusia, Peneliti China Lakukan Langkah Gila

 Pengusaha Sukses Anne Patricia Sutanto, Cepat Menangkap Peluang Bisnis di Balik Virus Corona

Sementara 33 PMKS baru dijangkau juga akan dikembalikan ke keluarganya setelah menjalani pendataan.

"Yang kemarin itu sudah dikembalikan ke Keluarganya semua. Nah yang 33 ini akan kami identifikasi dulu, kita assesment, kalo ada keluarga, kelompok akan kami pulangkan," katanya.

Namun pemulangan para PMKS ini pun tak serta merta dipulangkan begitu saja, melainkan harus melalui tahap pendataan, dan bagi yang bersangkutan dan keluarga juga harus membuat surat pernyataan untuk tidak kembali ke jalan.

"Mereka buat surat pernyataan bagi keluarga yang jemput juga akan kita berikan surat pernyataan juga bermaterai, supaya tidak bertanggung jawab, termasuk PMKS itu sendiri," ujarnya.

 Inilah 7 Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadan, Banyak Manfaat dan Berpahala

Namun bagi mereka yang tidak memiliki keluarga, Pihaknya juga menyiapkan GOR Kecamatan Tanah Abang untuk penampungan sementara. Namun sejauh ini kebanyakan diantaranya memiliki keluarga.

"Kebanyak ada keluarganya. Makanya kita data kalo ketemu lagi kami sudah ada bukti. Nah untuk penindakannya itu nanti Satpol PP apakah tipiring atau apalah, kalo kami hanya bisa menampung mereka, kit assesment," ucapnya.

Sekda Intruksikan Agar PMKS Terus Dipantau

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Dadi Budaeri mengintruksikan agar PMKS di Kota Tangerang Terus Dipantau. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved