Musik

Nyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah, Dari Novia Kolopaking, Band GIGI, Nagita Slavina Sampai Andini

Dari sekian banyak album dan lagu religi, Donny Verdian mencatat, salah satu yang terbaik lagu bertema Ramadan berjudul Dengan Menyebut Nama Allah.

Kompas.com/Shutterstock
Ilustrasi musik. Superblogger Indonesia Donny Verdian mengamati, salah satu ciri khas dari dinamika musik di bulan Ramadan adalah munculannya album dan single religi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ada banyak lagu bertema Ramadan yang dinyanyikan para penyanyi kondang negeri ini.

Lagu-lagu religi itu biasanya mereka nyanyikan setiap menjelang Ramadan.

Superblogger Indonesia Donny Verdian mengamati, salah satu ciri khas dari dinamika musik di bulan Ramadan adalah munculannya album dan single religi.

Dari sekian banyak album dan lagu religi, Donny Verdian mencatat, salah satu yang terbaik lagu bertema Ramadan berjudul Dengan Menyebut Nama Allah.

Sejak diciptakan di awal dekade 1990-an sampai sekarang ada beragam versi lagu Dengan Menyebut Nama Allah yang dinyanyikan artis dan band.

Donny Verdian menuliskan, Novia Kolopaking pernah menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah pada 1992.

Tera Mengubah Haluan, Awali Karir Bernyanyi Dangdut Sekarang Lantunkan Lagu Religi Assalamualaik

Band Ungu Tetap Konsisten, Nyanyikan Lagu Religi Jelang Bulan Ramadan, Terbaru Rilis Jalan Panjangku

Istri budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun yang juga dikenal lewat peran di sinetron Siti Nurbaya (1990) dan Keluarga Cemara ini menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah begitu apik.

"Bagiku, lagu Dengan Menyebut Nama Allah identik dengan Novia Kolopaking, bukan yang lain," kata Donny Verdian, Sabtu (25/4/2020).

Novia Kolopaking
Novia Kolopaking (warta kota/nur ichsan)

Setelah Novia Kolopaking, ada Ita Purnamasari yang juga menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allag dengan karakter suara yang khas.

Ita Purnamasari adalah istri komposer gaek Dwiki Dharmawan yang menciptakan Dengan Menyebut Nama Allah.

Donny Verdian mencatat, Ikke Nurjanah juga pernah menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah dengan nuansa dangdut.

Ikke Nurjanah.
Ikke Nurjanah. (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

"Kalau mau mencari referensi lagu ini dengan nuansa dangdut, Ikke Nurjanah pernah membawakannya pada 2002 silam," kata Donny Verdian.

Balutan dangdut modern berirama cepat, membuat Dengan Menyebut Nama Allah versi Ikke Nurjanah terdengar berbeda meski, diakui Donny Verdian, rasa khusyuk dan syahdunya malah jadi kurang.

Band GIGI juga pernah menyanyikan Dengan Menyebut Nama Allah dengan balutan musik rock yang renyah khas Armand Maulana dkk.

Para personil Band GIGI (dari kiri ke kanan): Thomas Ramdhan (bass), Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar) dan Gusti Hendy (drum) mengenalkan Exclusive Box Set 25 Tahun Band GIGI, Sabtu (2/11/2019).
Para personil Band GIGI (dari kiri ke kanan): Thomas Ramdhan (bass), Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar) dan Gusti Hendy (drum) mengenalkan Exclusive Box Set 25 Tahun Band GIGI, Sabtu (2/11/2019). (RHD Production/Yayat)
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved