Lingkungan Hidup

Perayaan Hari Bumi, Happiness Festival 2020 Ajak Selamatkan Bumi dengan Mulai dari Diri Sendiri

Tanpa disadari perubahan iklim (climate change) yang sedang terjadi saat ini merupakan salah satu ancaman terbesar bagi penduduk di Bumi.

Istimewa
Rangkaian acara Happiness Festival 2020 dalam rangka Hari Bumi Sedunia mengajak segala lapisan masyarakat untuk menyelamatkan bumi dengan memulainya dari diri sendiri, yaitu mengubah pola hidup yang kurang baik menjadi pola hidup baik dan sehat. 

Bertemakan "Indonesia Bahagia Lestari", Happiness Festival 2020 ingin mengajak masyarakat bersama-sama menciptakan masa depan terbaik bagi Indonesia dengan menjunjung tinggi prinsip kebahagiaan bersama untuk hari ini dan masa depan.

"Empati kepada orang lain, mendengar dan menerima orang lain tanpa menghakimi, itu yang diperlukan untuk menumbuhkan rasa kebahagiaan dari dalam diri...”

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Tanpa disadari perubahan iklim (climate change) yang sedang terjadi saat ini merupakan salah satu ancaman terbesar bagi penduduk di Bumi.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bencana yang terjadi di Indonesia sejak beberapa tahun belakangan ini termasuk dalam kategori bencana hidrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca karena dampak dari perubahan iklim.

Selain bencana alam, permasalahan lain seperti cuaca ekstrem, krisis pangan dan air bersih, hilangnya keanekaragaman hayati, dan runtuhnya ekosistem merupakan imbas dari bahaya perubahan iklim.

Chicco Jerikho Bagikan Foto Pengalaman di Alam yang Paling Indah saat Peringati Hari Bumi

Peringati Hari Bumi, Begini Pesan Nadine Chandrawinata Supaya Bumi Tetap Terjaga Baik

Peringati Hari Bumi, 70 Jurnalis Diving Lakukan Gerakan Bersih Pantai dan Laut

Berdasarkan hasil riset lingkungan Lund University, ditemukan bahwa perubahan gaya hidup individu memiliki peran utama dalam mencegah pemanasan iklim mencapai 2 derajat celcius.

Jadi, untuk berada pada batas aman, kita harus mencegah suhu rata-rata global naik lebih dari 2 derajat celcius untuk menghindari kerusakan permanen yang berdampak pada lingkungan, ekonomi global, dan kesehatan masyarakat.

Penanganan perubahan iklim yang dimulai dari perubahan gaya hidup diri sendiri menjadi salah satu isu yang selalu diangkat dalam kegiatan Happiness Festival setiap tahunnya.

Memperingati Hari Bumi Sedunia, Inilah 10 Hal Sederhana yang Bisa Anda Lakukan

AS Lagi-lagi Salahkan China, Bahkan Saat Perayaan Hari Bumi, Emisi Karbon di China Disebut Lampui AS

Aksi Tanam Pohon di Bantaran Kali Ciliwung Meriahkan Peringati Hari Bumi

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Happiness Festival yang diadakan oleh United in Diversity Foundation (UID) di tahun ketiga ini dilakukan secara daring (online) sebagai bentuk partisipasi dalam pencegahan penyebaran virus corona.

Bertemakan "Indonesia Bahagia Lestari", Happiness Festival 2020 ingin mengajak masyarakat bersama-sama menciptakan masa depan terbaik bagi Indonesia dengan menjunjung tinggi prinsip kebahagiaan bersama untuk hari ini dan masa depan.

UPDATE Mulai Hari Ini, Semua Moda Transportasi Darat, Laut, dan Udara Dihentikan, Ini Jadwal Lengkap

Larangan Mudik, Pesawat Komersil Dilarang Angkut Penumpang Mulai 24 April sampai 1 Juni 2020

Pesawat Airbus 320-200 Batik Air Angkut 8.569 Kg Obat-obatan dari Hangzhou di Tengah Wabah Covid-19

Rangkaian acara

Rangkaian kegiatan Happiness Festival dimulai sejak bulan Februari 2020 lalu dan ditutup pada tanggal 22 April 2020.

Beragam acara dilakukan dalam Happiness Festival 2020, antara lain nonton bareng film “Semesta” (Island of Faith) yang diproduseri oleh Nicolas Saputra, online community festival oleh Campaign.com untuk membantu Indonesia menjadi lebih baik melalui tantangan online dan ditutup oleh penyelenggaraan 24 Hours SDSN Webinar yang mengambil tema “Gaya Hidup Lestari: Menyelamatkan Bumi dimulai dari Menyelamatkan Diri”.

Penyelenggaraan webinar ini merupakan bentuk partisipasi UID dalam memperingati Hari Bumi dan menjadi salah satu rangkaian acara dari 24 Hour Happiness Webinar SDSN Global yang dilaksanakan oleh 13 SDSN Global Hubs di seluruh dunia.

Pembicara yang mengisi sesi dalam webinar ini yaitu Helga Angelina (Founder of Burgreens), Halim Jiang (Rai Institute Center for Fitness Excellence) dan Andien (Penyanyi & Co-Founder Sanggar Jiwa Bertumbuh).

Piramida kebahagiaan

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved