Breaking News:

Sepak Bola Putri

Turid Knaak, Pesepak Bola Putri Jerman yang Juga Dosen di Universitas Koeln

Saat ini saya bekerja dari rumah, seperti yang lain dan dalam dua aspek, karena saya juga dosen di universitas.

Penulis: Merdi Iskandar | Editor: Merdi Iskandar
dfb.de
Turid Knaak, pemain sepak bola sekaligus dosen. 

Nama Turid Knaak di kancah sepak bola wanita tidak terlalu populer. Namun, ada satu hal istimewa pada pemain asal Jerman berumur 29 tahun itu. Selain pesepak bola, dia adalah dosen di Universitas Koeln. Kini dia tengah mengejar gelar doktor.

Status ganda itu membuat kesibukan Knaak berbeda dengan rekan-rekan sesama pesepak bola. Pada pagi hari dia memeriksa tugas mahasiswa dan menyiapkan materi kuliah. Beranjak siang dia di kelas untuk memberi kuliah. Menjelang sore dia bergegas ke tempat latihan klubnya, SGS Essen.

Turid Knaak, gelandang serang SGS Essen.
Turid Knaak, gelandang serang SGS Essen. (dfb.de)

Di tengah pandemi virus corona pada saat ini, kesibukan Knaak tidak berubah. Bedanya, sesuai protokol kesehatan, semua kegiatan harus dia lakukan di dan dari rumah, tidak terkecuali soal mengajar mahasiswa di Universitas Koeln.

“Saat ini saya bekerja dari rumah, seperti yang lain dan dalam dua aspek, karena saya juga dosen di universitas. Tidak ada kontak personal yang mungkin dilakukan dengan para mahasiswa. Saya terus mencoba memberikan kuliah dari rumah dengan sebaik mungkin,“ tutur Knaak, seperti dikutip laman resmi Asosiasi Sepak Bola Jerman (Deutscher Fussball-Bund/DFB).

Turid Knaak memperlihatkan jersey Arsenal.
Turid Knaak memperlihatkan jersey Arsenal. (Twitter)

Meski sudah tidak kaget dengan sistem perkuliahan secara virtual, mantan pemain tim putri Arsenal itu tetap merasa canggung ketika menjalaninya. Tidak ada kontak personal jadi tantangan tersendiri bagi dirinya. “Saat ini semuanya lebih sering dilakukan lewat surat elektronik. Belakangan ini lebih banyak pesan yang datang ke kotak pesan saya,“ kata dia.

Kesulitan juga dihadapi Knaak terkait profesinya sebagai pesepak bola profesional. “Saya menerima program latihan dari klub dan DFB. Ada latihan kekuatan, ketahanan, dan lari cepat. Semuanya ada di sana. Namun, itu tetap saja tidak dapat menggantikan latihan tim dan pertandingan kompetitif,” ujar gelandang serang tim nasional Jerman itu.

Guna memenuhi semua tuntutan itu, Knaak kerap berlatih dengan pacarnya di padang rumput. Selain itu dia pun mengubah garasinya jadi tempat kebugaran.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Bhayangkara
20
13
4
3
27
14
13
43
2
Arema
20
11
8
1
27
13
14
41
3
Persib
20
12
4
4
27
13
14
40
4
Persebaya
20
12
3
5
38
22
16
39
5
Bali United
20
11
5
4
29
15
14
38
Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved