Breaking News:

PON 2020 Papua Akhirnya Ditunda, Menpora Beri Penjelasan

Pemerintah akhirnya menunda pelaksanaan PON 2020 Papua karena pandemi corona dan Menpora Zainudin Amali memberi penjelasan seputar keputusan tersebut.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Max Agung Pribadi
Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Zainudin Amali saat melakukan konferensi pers virtual dengan wartawan, Selasa (7/4/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia akhirnya berdampak pula pada persiapan penyelenggaraan PON 2020 Papua yang semual diadakan pada 20 Oktober – 2 November

Ahasil, Presiden RI Joko Widodo secara resmi mengumumkan penundaan PON Papua menjadi Oktober 2021.

Menpora Zainudin Amali yang juga mengetahui keputusan itu menjelaskan beberapa alasan yang mendasari keputusan penundaan diambil oleh pemerintah pusat.

Menpora Tegaskan PON 2020 di Papua Tidak Ditunda

“Pertama soal penyelesaian pengerjaan fisik venue yang sampai saat ini masih berlangsung. Selain itu, bahan-bahan sekarang ini sudah kurang tersedia, ditambah pendistribusian bahan-bahan untuk pembangunan didatangkan dari luar Papua, sehingga mengalami hambatan,” kata Menpora, Kamis (23/4/2020), dalam konferensi pers daring.

 “Petimbangan kedua soal pengadaan peralatan. Situasi pandemi Covid-19 ini yang bukan hanya di Indonesia tetapi melanda dunia, maka kami mengalami kesulitan untuk pengadaannya,”

“Negara-negara produsen yang tadinya diharapkan bisa kami minta untuk menyuplai peralatan-peralatan olahraga yang akan digunakan pada PON ternyata juga mengalami kondisi yang sama sehingga mereka juga dalam produksinya terkendala,” jelasnya.

Wabah Covid-19 Hantui PON 2020 Papua, Sesmenpora: Kalau Mundur Kemungkinan Digelar Awal Maret 2021

Tak hanya itu, sebelum menggelar rapat kabinet bersam Presiden Joko Widodo, Menpora juga mendapatkan masukan dari Komisi X DPR RI yang juga menginginkan PON 2020 Papua ditunda.

“Kami juga mendapat rekomendasi dari hasil rapat kerja dengan Komisi X DPR RI yang meminta ditunda. Hal itu juga yang menjadi pertimbangan kami melaporkan kepada bapak Presiden,” tutur menteri asal Gorontalo itu. 

Pertimbangan terakhir, dikatakan Menpora, dikarenakan hampir semua pelatda dihentikan akibat adanya pandemi Covid-19 ini. 

Pandemi Virus Corona Mulai Pengaruhi Pelatda PON 2020

Sehingga kalau dipaksakan di tanggal semula, prestasi para atlet tidak maksimal, padahal PON bertujuan untuk melihat prestasi atlet-atlet Indonesia.

“Maka berbagai pertimbangan ini kemudian Presiden tadi mengambil keputusan untuk menunda pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional yang ke-20 dan Peparnas ke-16  20 Oktober 2020 jadi Oktober 2021,” pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved