Breaking News:

Penerbangan

Pesawat Airbus 320-200 Batik Air Angkut 8.569 Kg Obat-obatan dari Hangzhou di Tengah Wabah Covid-19

Penerbangan ini membawa 17 awak pesawat serta total 1.293 boks dengan berat 8.569 kg obat-obatan.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Fred Mahatma TIS
Dok. Lyon Air Group
Pesawat Batik Air tengah melakukan layanan kargo 

“Batik Air dalam penerbangan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah sejalan kelancaran distribusi kargo, membantu misi kemanusiaan di tengah pandemi wabah corona virus disease (Covid-19)...”

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Maskapai penerbangan Batik Air mengoperasikan pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUK dalam layanan kargo dari Bandar Udara Internasional Xiaoshan Hangzhou, Provinsi Zhejiang menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Provinsi Banten.

Penerbangan ini membawa 17 awak pesawat serta total 1.293 boks dengan berat 8.569 kg obat-obatan.

Chief Executive Officer (CEO) Batik Air Capt Achmad Luthfie mengatakan, layanan kargo telah menjalani pemeriksaan, pengawasan ketat, dan dikemas menurut standar yang berlaku.

LION Air, Batik Air, Wing Air Stop Penerbangan ke Papua Mulai hari Kamis (26/3) Ini Terkait Corona

Berbadan Lebar Alasan Pilih Batik Air Angkut WNI dari Wuhan, Setelah Dipakai Disemprot Disninfektan

Ini Alasan Pemerintah Pakai Batik Air untuk Evakuasi WNI di Wuhan

“Batik Air dalam penerbangan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah sejalan kelancaran distribusi kargo, membantu misi kemanusiaan di tengah pandemi wabah corona virus disease (Covid-19),” ujar Achmad Luthfie dalam keterangan resminya awal pekan ini.

Achmad Luthfie menuturkan, penerbangan yang dioperasikan Batik Air telah sesuai standar operasional prosedur (SOP) dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan (safety first).

“Batik Air juga tetap melakukan penyemprotan cairan khusus (disinfektan) pada seluruh kemasan kargo yang diangkut, meliputi sebelum masuk dalam pesaat (loading) dan setelah dikeluarkan dari pesawat (unloading),” jelasnya.

Resmi, Ini Keunggulan, Spesifikasi Lengkap, dan Harga Oppo Reno3 Pro, Selain 4 Kamera Belakang 64 MP

Larangan Mudik Diberlakukan, KAI Hentikan Operasi KA Jarak Jauh, Ini Cara Batalkan Tiket

Blokir Ponsel Ilegal Sudah Dimulai, Begini Cara Cek Status IMEI untuk Pelanggan Telkomsel dan XL

Dalam optimalisasi pengangkutan kargo tersebut, Batik Air maksimalkan tingkat keterisian pada ruang penyimpanan bagian bawah (cargo compartment) dan tempat bagasi dalam kabin serta ruang kabin dengan kargo yang diperbolehkan diangkut atau muat di kabin pesawat atau general cargo.

“Operasional ini sesuai surat edaran dari regulator yaitu Kementerian Perhubungan SE No. 17 Tahun 2020, yang memperbolehkan pesawat kategori layanan penumpang dapat mengangkut kargo pada kabin pesawat tanpa membawa penumpang,” ungkap Achmad Luthfie.

Sterilisasi

Untuk operasional penerbangan, sterilisasi dan kebersihan pesawat terus dilakukan serta ditingkatkan. 

Proses pembersihan pesawat meliputi aircraft interior exterior cleaning (AIEC), terdiri dari Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved