Virus Corona

Pekerja Media Terdampak Krisis Ekonomi Akibat Wabah Covid-19, Berikut Penjelasan Dewan Pers

Surat edaran Dewan Pers soal perlunya perusahaan pers dan asosiasi media membantu para pekerja media terdampak krisis ekonomi akibat wabah Covid-19.

Editor: Panji Baskhara
Istimewa
Surat edaran Dewan Pers, terkait perlunya perusahaan pers dan asosiasi media untuk membantu para pekerja media yang terdampak krisis ekonomi akibat wabah Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia berdampak terhadap perekonomian para pekerja media.

Mengetahui wabah virus corona membuat para pekerja media alami krisis ekonomi, pihak Dewan Pers menerbitkan sebuah surat edaran.

Sebuah surat edaran Dewan Pers tersebut, berisikan tentang perlunya perusahaan pers dan asosiasi media membantu para pekerja media yang terdampak krisis ekonomi akibat wabah Covid-19.

Berikut ini, isi surat edaran Dewan Pers diterima wartakotalive.com, Kamis (23/4/2020).

DPR Apresiasi dan Mendukung Dewan Pers Keluarkan Protokol Keamanan Liputan Covid-19

Jelang Bulan Suci Ramadan, Terminal Terpadu Pulo Gebang Dipadati Pemudik di Tengah Pandemi Covid-19

Panduan Peliputan Covid-19 PWI Berlaku Hari Ini, Berisi 12 Poin untuk Pedoman Wartawan Liput Corona

Surat Edaran Dewan Pers

Nomor : 01/SE-DP/IV/2020

Tentang

Perlunya Insiatif Perusahaan Pers dan Asosiasi Media Membantu Pekerja Media Yang Terdampak Krisis Ekonomi Akibat Pandemi COVID19 Untuk Memperoleh Jaring Pengaman Sosial (JPS)

Bersama negara-negara lain di dunia, Indonesia saat ini sedang berjuang keras untuk menanggulangi pandemi COVID-19 berikut dampak-dampak sistemiknya.

Seperti diketahui bersama, pandemi covid-19 mengakibatkan krisis ekonomi dan sosial yang serius.

Berbagai sektor industri di tanah air menghadapi masa-masa yang suram.

Tanpa terkecuali, krisis juga melanda industri media massa nasional.

Tandatanda pemutusan hubungan kerja untuk karyawan perusahaan media menjadi semakin nyata ketika industri media massa nasional dihadapkan pada perfoma bisnis yang menurun secara drastis, sebagaimana juga terjadi pada sektor lain secara bersamaan.

Sehubungan dengan keadaan tersebut, Dewan Pers menganggap penting dan mendesak upaya untuk membantu para wartawan dan pekerja pada sektor media lainnya yang terdampak krisis akibat pandemi covid 19.

Para karyawan perusahaan media yang terkena PHK, pemotongan gaji atau yang tidak dapat menjalankan kewajibannya secara penuh sehingga berpengaruh terhadap pendapatan, serta para wartawan lepas yang tidak dapat berkarya dan memperoleh penghasilan dari karyanya tersebut akibat krisis yang terjadi, harus mendapatkan perhatian secara serius.

Sebagaimana warga negara lain, mereka berhak mendapatkan bantuan dari negara baik dalam bentuk Kartu Pra Kerja maupun bentuk Jaring Pengaman Sosial yang lain.

Dalam surat edaran ini, Dewan Pers ingin menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Dewan pers mengimbau agar perusahaan pers turut membantu para karyawan yang terdampak krisis akibat pandemi covid 19 dengan kategori sebagaimana dijelaskan di atas untuk memperoleh bantuan Jaring Pengaman Sosial.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved