Spanyol

Mantan Pelatih Spanyol Mengalami Gangguan Mental setelah Dipecat

Ketika saya meninggalkan tim nasional, itu berdampak besar bagi saya, karena semua yang saya alami.

90min
Robert Moreno 

Mantan pelatih tim nasional Spanyol yang kini membesut AS Monaco, Robert Moreno, mengaku sempat mengalami gangguan mental. Dia terguncang karena jabatannya sebagai juru taktik La Furia Roja diambil oleh Luis Enrique.

Moreno melatih Spanyol dari tanggal 19 Juni hingga 19 November 2019. Sebelumnya dia adalah asisten Enrique dan kemudian menggantikan posisi bosnya itu, yang tiba-tiba mengundurkan diri agar bisa mendampingi putrinya yang mengidap kanker.

Robert Moreno
Robert Moreno (90min)

Namun, Enrique kembali menerima jabatan sebagai pelatih kepala tim nasional Spanyol dan Moreno harus rela mengundurkan diri. Seperti dilansir laman Marca, Kamis (23/4), Moreno mengatakan kejadian itu membuat dirinya terguncang. Dia menjauh dari keluarganya dan mengaku bingung serta tidak tahu harus berbuat apa.

“Ketika saya meninggalkan tim nasional, itu berdampak besar bagi saya, karena semua yang saya alami. Pada saat itu saya mencoba mengisolasi diri dari keluarga,“ kata Moreno.

Moreno mengaku, ketika itu dirinya tidak mau membaca berita atau melihat televisi. Dia tidak ingin terus menderita dengan pemberitaan yang dianggapnya penuh dengan kebohongan. “Saya tidak mendengarkan apa pun, saya juga tidak mau membaca pemberitaan, karena semua hal yang dipublikasikan adalah kebohongan tentang saya,” katanya.

“Pada saat itu saya memilih tidak muncul di media. Saya melakukan itu karena menghormati situasi yang tengah terjadi dan federasi juga meminta saya untuk tidak berbicara ke media,” tambah Moreno.

Moreno menyatakan pemecatan dirinya sebagai pelatih Spanyol dan kemudian digantikan oleh Enrique, benar-benar membuat hidupnya berubah total. “Saya mencoba cara tertentu untuk bisa kembali normal. Saya mulai bertemu dengan orang-orang dan membuat keputusan yang tidak biasa untuk Anda buat,” ucapnya, mengenai apa yang dilakukannya untuk melupakan pemecatan itu.

Xana adalah putri yang beberapa tahun belakangan selalu digandeng Luis Enrique masuk ke lapangan.
Xana adalah putri yang beberapa tahun belakangan selalu digandeng Luis Enrique masuk ke lapangan. (Twitter)

Sebelumnya Moreno mengatakan dirinya tidak ada masalah apa pun dengan Enrique. “Saya menghabiskan sembilan tahun di sisinya. Saya hanya punya kata-kata terima kasih. Sudah selama 28 tahun saya menjadi pelatih. Impian saya selalu menjadi pelatih. Saya hanya berterima kasih kepada masa lalu dan kita akan melanjutkan hidup,” kata Moreno pada akhir tahun 2019.

Penulis: Merdi Iskandar
Editor: Merdi Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved