Virus Corona

Hampir Semua Skuad Inter Diduga Terjangkit Covid-19, tetapi Mereka Tidak Melakukan Tes

Kami libur selama satu pekan pada bulan Januari dan saat kembali berkumpul, sebanyak 23 dari 25 pemain sakit. Saya tidak bercanda.

twitter @Inter_id
Skuad Inter Milan saat hadapi Lazio di Stadion Olimpico, Senin (17/2/2020) dini hari. 

Striker Internazionale Milano asal Belgia, Romelu Lukaku, mengakui hampir semua rekan-rekan satu timnya sempat mengalami sakit yang gejalanya mirip dengan gejala orang yang terjangkit virus corona jenis baru (Covid-19).

Romelu Lukaku dalam iklan Puma
Romelu Lukaku dalam iklan Puma (Instagram/romelulukaku)

Pengakuan itu diungkapkan Lukaku saat dia berbincang-bincang dengan presenter sebuah stasiun televisi di Belgia, Katrin Kerkhofs. Lukaku berbincang-bincang dengan Kerkhofs, yang merupakan istri rekan satu negaranya yang membela Napoli, Dries Mertens, melalui layanan live di Instagram.

Katrin Kerkhofs
Katrin Kerkhofs (Voetball24)

“Pada awal tahun, sebanyak 23 dari 25 pemain Inter sempat sakit dengan gejala batuk dan demam, tetapi kami tidak melakukan tes untuk virus corona dan meski demikian (Milan) Skriniar nyaris pingsan dan terpaksa diganti saat pertandingan (melawan Cagliari pada 26 Januari 2020),” kata Lukaku, seperti dilansir laman koran olahraga berbahasa Spanyol, Diario AS.

Milan Skriniar
Milan Skriniar (Goal)

Virus corona pertama kali merebak di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, akhir tahun lalu. Dengan cepat virus yang memiliki nama SARS CoV-2 itu menyebar ke sejumlah negara, termasuk Italia. Virus itu kini telah menjangkiti lebih dari 2 juta orang di dunia dan membunuh lebih dari 160.000 jiwa.

Italia menjadi salah satu episentrum baru bagi virus yang belum ditemukan vaksin penangkalnya itu. Menurut data terbaru yang dirilis Universitas John Hopkins, Maryland, Amerika Serikat, sampai saat ini setidaknya sudah terdapat 183.957 kasus positif Covid-19 di Italia

Virus mulai ditemukan di Italia pada bulan Februari lalu. Seiring meningkatnya jumlah warga yang terjangkit, pemerintah Italia pun menerapkan kebijakan karantina wilayah (lockdown) sejak 9 Maret dan Serie A serta semua kompetisi sepak bola musim 2019-2020 dihentikan untuk sementara waktu.

Duo pemain andalah Inter Milan Lautaro Martinez dan Romelu Lukaku
Duo pemain andalah Inter Milan Lautaro Martinez dan Romelu Lukaku (twitter hastag #INTERBARCA)

Sebelum kompetisi dihentikan, Inter sempat bertemu Cagliari di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Minggu (26/1/2020) malam WIB. Pada duel yang berkesudahan 1-1 itu, Skriniar digantikan pada menit ke-17.

“Kami libur selama satu pekan pada bulan Januari dan saat kembali berkumpul, sebanyak 23 dari 25 pemain sakit. Saya tidak bercanda,” kata mantan pemain Manchester United itu.

“Semua orang batuk dan demam,” tambah Lukaku.

Daniel Rugani, bek tengah Juventus, menjadi pemain pertama di Serie A Italia yang dinyatakan positif Covid-19. Akibatnya, seluruh skuad La Vecchia Signora harus menjalani masa karantina selama 14 hari.

Tidak lama berselang, pemain Juventus lainnya, Paulo Dybala, juga dinyatakan positif Covid-19. Setelah itu diketahui sebanyak tujuh pemain Sampdoria juga mengalami nasib yang sama seperti yang diderita Dybala.

Paulo Dybala selamatkan Juventus dari kekalahan, ia jadi penentu kemenangan melalui dua golnya ke gawang Lokomotive Moskva.
Paulo Dybala selamatkan Juventus dari kekalahan, ia jadi penentu kemenangan melalui dua golnya ke gawang Lokomotive Moskva. (Champions League)

Lukaku juga merasakan gejala yang sama, tetapi dia tidak tahu apakah demam itu akibat dia telah tertular virus SARS CoV-2. “Saat kami pemanasan, saya merasa lebih hangat dari biasanya. Sudah bertahun-tahun saya tidak demam,“ ujar Lukaku.

“Setelah pertandingan, kami menghadiri makan malam yang diatur oleh pihak sponsor, Puma, tetapi saya tidak bisa ikut. Saya langsung pulang dan tidur. Saya belum pernah menjalani tes pada saat itu dan tidak pernah tahu (apakah kami terjangkit),“ kata mantan pemain Everton itu.

Penulis: Merdi Iskandar
Editor: Merdi Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved