Breaking News:

Virus Corona

Ini Sanksi Bagi Pelanggar Larangan Mudik yang Bisa Diterapkan

Pemerintah memastikan melarang masyarakat mudik Lebaran, di masa pandemi Covid-19. Penerapan pelarangan dilakukan mulai Jumat 24 April 2020.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Murtopo
Wartakotalive.com/Budi Sam Law Malau
Konpers skenario larangan mudik oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (22/4/2020). 

WARTAKOTALIVE, SEMANGGI -- Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menuturkan untuk saat ini sanksi yang bisa ia terapkan ke pelanggar larangan mudik yang kedapatan oleh petugas, saat penyekatan di Pospam Terpadu, adalah sebatas putar balik kendaraan saja atau meminta pengendara kembali ke arah Jakarta.

"Saat ini sanksi yang bisa kita terapkan baru itu, dengan meminta mereka putar balik. Ke depannya kita menunggu lagi keputusan pemerintah atau Kemenhub soal sanksi ini," katanya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (22/4/2020).

Seperti diketahui Pemerintah memastikan melarang masyarakat mudik Lebaran, di masa pandemi Covid-19. Penerapan pelarangan dilakukan mulai Jumat 24 April 2020, pukul 00.00 sampai H+7.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan dalam Operasi Ketupat terkait larangan mudik ini, pihaknya membangun 19 Pospam Terpadu untuk melakukan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan yang akan mudik dan keluar dari Jadetabek.

Larangan Mudik, Ditlantas Polda Metro Kerahkan 961 Personel untuk Ditempatkan di 19 Pospam

Penerapan katanya dilakukan sejak Kamis malam atau Jumat (24/4/2020) pukul 00.00.
"Dan akan berakhir pada H+7 Lebaran," kata Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (22/4/2020).

"Pelarangan mudik ini dilakukan dengan melakukan penyekatan dan pemeriksaan terhadap kendaraan-kendaraan yang melintasi 19 pospam atau cek poin, yang pada operasi ketupat ini kita namakan Pospam Terpadu," kata Sambodo.

Menurutnya 19 Pospam Terpadu yang dibuat pihaknya sebagai cek poin untuk memeriksa kendaraan umum dan pribadi yang dilarang keluar wilayah Jadetabek.

Dari pospam ini katanya petugas akan meminta kendaraan pemudik untuk putar balik.

Diprediksi Banyak Warga Jabodetabek Mudik Rabu dan Kamis, Polda Metro Belum Bisa Larang

"Tiga Pospam atau cek poin ada di ruas tol yaitu, di Pintu Tol Cikarang, Cimanggis dan Bitung, serta 16 Pospam atau cek poin lainnya di jalan arteri non tol," katanya.

Ke 16 Pospam Terpadu sebagai cek poin larangan mudik ini kata Sambodo, dibangun di 5 titik di Tangerang Kota, 2 titik di Tangerang Selatab, 3 titik di Kota Bekasi, 4 titik di Kabupaten Bekasi, dan 2 titik di Depok.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved