Breaking News:

Dapur Umum DPD PDI Perjuangan Bantu Warga Terdampak Covid-19

Selain berisi makanan dan minuman, paket bantuan tersebut juga terdapat masker, hand sanitizer serta brosur edukasi

Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Seorang kader PDI Perjuangan tengah memberikan paket sembako untuk pengemudi ojek online, Minggu (19/4/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM - DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta mendirikan dapur umum untuk menanggulangi bencana wabah virus corona (Covid-19) di masyarakat. Makanan yang dimasak para kader PDI Perjuangan ini akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Adi Widjaja mengatakan, dapur umum ini mulai beraktivitas pada Sabtu (19/4/2020) hingga pekan pertama bulan Ramadan atau akhir bulan April 2020.  “Setiap hari kami memasak 1.000 porsi makanan untuk dibagikan kepada masyarakat yang terdampak dari pandemi Covid-19,” kata Adi Widjaja, Minggu (19/4/2020).

Penerapan PSBB Kota Tangsel Berlangsung, Tingkat Kasus Wabah Virus Corona Terus Meningkat

Ramalan Zodiak Senin 20 April 2020 Pisces Serius Karir, Taurus Kendalikan Emosi, Leo Keras Kepala

Warga Jawa Barat Terdampak Corona Mendapatkan 9 Jenis Bansos, ini Penjelasan Ridwan Kamil

Adi mengatakan, mekanisme pembagiannya mengedepankan physical distancing atau pola jaga jarak. Setelah selesai dimasak, Ketua PAC di wilayah yang kekurangan makanan akibat pandemi virus corona akan datang ke kantor DPD untuk mengambil makanan tersebut.

Nantinya PAC akan membagikan makanan yang dikemas memakai tas jinjing berbahan kertas kepada masyarakat yang membutuhkan. “Untuk di DPD sendiri tadi kami membagikan makanan kepada pengendara ojek online (ojol), karena pendapatan mereka anjlok akibat pendemi Covid-19,” ujar Adi.

Selain berisi makanan dan minuman, paket bantuan tersebut juga terdapat masker, hand sanitizer serta brosur edukasi mengenai pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Harapannya, supaya masyarakat mengerti tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Aksi Kejar-kejaran di Jalan Raya Bekasi Warnai Penangkapan Dua Pelaku Begal

Warga Jawa Barat Terdampak Corona Mendapatkan 9 Jenis Bansos, ini Penjelasan Ridwan Kamil

“Untuk lauk yang dimasak, kami pilih yang sehat di antaranya daging ayam, sayuran, telur dan sebagainya. Menu kami ganti setiap hari biar bervariasi,” jelas dia. Bila situasi pandemi belum dapat ditanggulangi, pihaknya akan terus membuka dapur umum sesuai kebutuhan.

“Selain dapur umum, kami juga telah menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada rumah sakit dan penyemprotan disinfektan di permukiman warga sebagai upaya pencegahan Covid-19,” ungkapnya.

Sekretaris PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, menambahkan partainya terus hadir di tengah rakyat, membangun harapan rakyat untuk hidup sehat dan memenuhi seluruh protokol pencegahan Covid-19. Kata dia, dapur umum ini hadir dengan semangat kerakyatan dan kemanusiaan yang dikelola secara gotong royong.

“PDI Perjuangan di seluruh tanah air, melalui Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan terus bergerak,” kata Hasto.

“Dapur umum, jamu sehat, gerakan hidup bersih dan juga gerakan menanam tanaman yang bisa dimakan serta memenuhi seluruh ketentuan pemerintah seperti pemakaian masker, jaga jarak dua meter dan kebiasaan cuci tangan terus dilakukan,” tambahnya.

Harga Pelatihan Online Kartu PraKerja Rp 1 Juta, Dinilai Banyak Tersedia Gratis di Internet

Data Pembagian Sembako yang Diajukan Tidak Sesuai Dengan Kelurahan, Pengurus RT Dibuat Stres

Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh PDI Perjuangan merupakan tanggung jawab sosial partai. Seluruh kader struktural, anggota legislatif, dan kepala daerah PDI Perjuangan terus bekerja sama, bergotong royong membantu rakyat.

“Penerima bantuan diutamakan bagi mereka yang berpenghasilan tidak tetap, buruh harian, ataupun yang terkena PHK. Sesuai instruksi Ibu Megawati Soekarnoputri, kami harus mengutamakan kesehatan rakyat, sehingga hadir memberi solusi untuk rakyat yang kesulitan,” jelasnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved