Virus Corona

Belanja Online Naik hingga 300 Persen, Ini Hasil Lengkap Analisa ADA Tentang Perilaku Konsumen

Kondisi pandemi global Covid-19 yang diikuti dengan penerapan social distancing berdampak pada perilaku konsumen dalam beberapa bulan terakhir.

Istimewa
Hasil analisa data ADA, perusahaan yang bergerak di bidang data dan artificial intelligence (AI), menunjukkan perubahan perilaku masyarakat yang signifikan terkait kebijakan social distancing selama wabah covid-19. 

Data ADA menunjukkan, sejak imbauan social distancing diumumkan, penggunaan aplikasi belanja online mengalami kenaikan hingga 300 persen.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kondisi pandemi global virus corona atau Covid-19 yang diikuti dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (social distancing) berdampak pada perilaku konsumen dalam beberapa bulan terakhir ini.

Hal itu terungkap dalam analisa Social Distancing dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumen yang dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang data dan artificial intelligence (AI), ADA.

ADA melakukan analisis data terhadap perubahan perilaku konsumen di beberapa negara yang mengalami pandemi virus corona atau Covid-19, termasuk Indonesia.

Situasi pandemi ini rupanya memunculkan perilaku konsumen baru, yang berbeda-beda di setiap negara Asia Tenggara.

Cegah Penyebaran Covid-19, Klinik ERHA Hadirkan Berbagai Layanan Ramah Social Distancing

Selama Wabah Covid-19, Transaksi Nontunai McDonalds di Layanan Drive-Thru Naik hingga 4 Kali Lipat

Signifikan

Di Indonesia, pandemi dan social distancing memperlihatkan beberapa perubahan perilaku yang signifikan, misalnya The Adaptive Shopper dan Working-from-home Professional.

Perubahan ini terlihat dari penggunaan aplikasi belanja dan produktivitas di sepanjang bulan Maret 2020.

Data ADA menunjukkan, sejak imbauan social distancing diumumkan, penggunaan aplikasi belanja online mengalami kenaikan hingga 300 persen.

Penggunaan aplikasi jenis ini pun mengalami puncak tertinggi pada 21-22 Maret, dengan angka pencapaian lebih dari 400 persen.

“Masyarakat Indonesia, terutama kelas menengah dan atas, telah beradaptasi dengan dunia baru ini,” ujar Managing Director ADA Indonesia Kirill Mankovski, dalam keterangan resminya belum lama ini.

Halaman
123
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved