Breaking News:

Program Kartu Prakerja

Ketinggalan atau Gagal Pendaftaran Kartu Prakerja di Gelombang Pertama? Coba Lagi di Gelombang Kedua

Ketinggalan atau gagal pendaftaran Kartu Prakerja di gelombang pertama? Jangan khawatir, bisa coba lagi di gelombang kedua

Editor: Dwi Rizki
setkab.go.id
Ilustrasi -- kartu prakerja 

Kesempatan kembali dibuka bagi masyarakat yang ketinggalan atau gagal dalam pendaftaran Kartu Prakerja pada gelombang pertama. Mereka bisa kembali mendaftar kembali Kartu Prakerja pada gelombang kedua yang dibuka pekan ini.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Perdaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama sudah ditutup hari ini, Kamis (16/4/2020) pukul 16.00 WIB. Seiring ditutupnya gelombang pertama pendaftaran, gelombang kedua langsung dibuka.

"Selanjutnya sesudah jam 16.00 WIB (ditutup), pendaftaran lanjutan terus terbuka dipersiapkan bacth kedua yang akan kami sampaikan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dikutip dari Kompas.com pada Kamis (16/4/2020).

Sama seperti gelombang pertama, bayas waktu pendaftaran Kartu Prakerja gelombang kedua ini akan dibuka sepakan, yakni hingga Kamis (23/4/2020) pukul 16.00 WIB.

Selanjutnya, pendaftaran akan dibuka kembali hingga mencapai target yang telah ditentukan.

"Berhenti lagi hari Kamis minggu depan jam 16.00 WIB sore. Pemerintah siapkan kapasitas kalau sistem berjalan baik akan ditingkatkan dan kami sangat melihat antusiasme dari program ini," ujar Airlangga.

Tidak Perlu Daftar Ulang dari Awal

Lebih lanjut dia menuturkan, sebanyak 1,87 juta orang yang lolos dalam tahap awal di gelombang pertama masih memiliki kesempatan di gelombang selanjutnya, meski tak lolos saat seleksi 200.000 orang penerima manfaat.

Bahkan pada gelombang kedua, 1,87 juta peserta itu tidak perlu daftar ulang dari awal.

Airlangga bilang, mereka akan menerima email berisi situs peladen (link) untuk mengikuti gelombang kedua, begitupun seterusnya.

"Bagi 1.878.026 yang belum ikut batch pertama tidak perlu daftar ulang. Nanti akan (kami) beri email untuk link di komputer atau smartphone, untuk klick ke batch 2 dan seterusnya sehingga tidak perlu ulang seluruh proses di awal," kata Airlangga.

Sementara bagi 200.000 orang terpilih, peserta bisa langsung mengikuti pelatihan yang disediakan.

Dengan mengikuti pelatihan, peserta akan mendapat sertifikasi elektronik. Jenis pelatihan yamg tersedia dalam program Kartu Prakerja sebanyak 2.055 pelatihan dari 198 lembaga melalui 8 platform mitra Kartu Prakerja.

Pelatihan bisa diakses melalui daring (online) di 8 platform, antara lain Tokopedia, Skill Academy by Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar Mahir.

"Jenis pelatihan beragam, dan diharapkan ada banyak pilihan bagi 200.000 orang yang lolos gelombang pertama," ujar Airlangga.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved