Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Ini Kisah Ika Dewi Maharani, Satu-satunya Relawan Perempuan yang Jadi Sopir Ambulans Pasien Covid-19

Ika Dewi Maharani satu-satunya sukarelawan medis perempuan di bawah naungan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sebagai sopir ambulans.

Dok. BNPB
Ika Dewi Maharani, satu-satunya relawan medis perempuan di bawah naungan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang bertugas sebagai sopir ambulans pasien virus corona. 

"Rasa takut ada pasti, cuma ini harus kita lihat lagi, ini adalah tugas bagi kita sebagai relawan medis, kita harus menangani pasien dari awal sampai akhir pasien itu kita harus tangani..."

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Siapa yang bilang jadi relawan itu mudah? Apalagi relawan bencana nasional seperti pandemi Covid-19 saat ini.

Sebab, jadi seorang relawan dituntut disiplin yang sangat tinggi. Jika lengah, maka bukan tidak mungkin diri kita sendirilah yang akan terpapar virus corona yang sedang mewabah di seluruh dunia.

Ika Dewi Maharani merupakan satu-satunya sukarelawan medis perempuan di bawah naungan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang bertugas sebagai sopir ambulans.

Pesan dan Fakta-fakta 46 Tenaga Medis RSUP Kariadi Positif Corona dan Kini Diisolasi di Hotel

Covid-19, Damai Putra Group Fokus Rumah Siap Huni dengan Beragam Promo, Cicilan Mulai Rp 1 Juta

JRP Terapkan Standar Kebersihan Tinggi, Penjualan Condominium Bintaro Jaya High Rise Meningkat

Angka kasus Covid-19 di Jakarta saat ini semakin meningkat, ditambah dengan jumlah petugas ambulans yang kurang memadai, membulatkan tekad Ika untuk menjadi sopir ambulans.

"Dengan keahlian yang saya miliki, saya bisa menyetir, saya basic perawat, jadi pas saya sesuai dengan panggilan hati, dengan kemampuan yang saya punya, saya harus melayani," ujar Ika.

Tergabung dalam sebuah asosiasi profesi perawat Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI), Ika yang berasal dari Maluku Utara, saat ini menjalani hidup di mess yang disediakan BNPB dan bertugas di rumah sakit Universitas Indonesia.

Setia Merawat Pasien, 5 Tenaga Medis Puskemas Kabupaten Bekasi Terpapar Covid-19, Layanan Dialihkan

Hati-hati Para Perokok Elektronik Anda Terancam Terserang Covid-19, Jadi Berhentilah Menggunakannya

36 Penghuni Asrama STT Bethel Petamburan Dipindahkan ke RS Darurat Covid-19

Menangani pasien di rumah sakit menjadi hal biasa bagi Ika. Namun mengantarkan pasien ke rumah sakit menjadi tantangan tersendiri.

Dia mengaku menjadi sopir ambulans merupakan pengalaman pertama dalam hidupnya.

"Untuk ambulans baru pertama kali di dalam hidup saya, tapi ya gitu, ternyata di ambulans tidak semudah yang kita bayangin," kata Ika yang mengaku kuliah di sebuah universitas di Surabaya ini, dalam siaran pers Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB yang diterima Wartakotalive.com, Jumat (17/4/2020). 

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved