Breaking News:

Program Kartu Prakerja

Bukan Hanya Pengangguran, Karyawan PHK atau Tidak Dapat Gaji Penuh, Pekerja Seni Juga Dapat BLT

Kabar Baik, Bukan Hanya Pengangguran, Karyawan PHK atau Tidak Dapat Gaji Penuh, Pekerja Seni Juga Bakal Dapat BLT lewat Program Kartu Prakerja

Editor: Dwi Rizki
Biro Pers Setpres/Laily Rachev
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim danMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusabandio bermain lenong bersama komedian Bedu dan Sogy Indraduadja dalam pertunjukan di di SMK Negeri 57, Jakarta, Senin (9/12/2019). 

Kabar baik disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio di tengah wabah virus corona atau covid-19. Bukan hanya pengangguran, karyawan kena Pemutusan Hubungan KErja (PHK) atau karyawan yang tidak mendapatkan gaji penuh, para pekerja seni diungkapkannya juga bakal mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT lewat Program Kartu Prakerja.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Wabah virus corona mempengaruhi setiap lini perekonomian Indonesia, termasuk bagi para pkerja seni.

Terkait hal tersebut, Wishnutama Kusubandio menyatakan, pekerja kreatif di bidang seni akan mendapat bantuan sosial ( bansos) saat pandemi Covid-19.

Pemerintah, kata dia, mempertimbangkan bahwa para pekerja seni terdampak kebijakan pembatasan sosial untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

 Wishnutama menambahkan, pemberian bansos kepada pekerja seni juga bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

"Khusus untuk pekerja kreatif yang berkaitan dengan seni kita bekerja sama juga dengan Kemensos untuk berikan bansos secara langsung. Ini juga sedang dalam perencanaan agar lebih tepat sasaran," kata Wishnutama dikutip dari Kompas.com pada Kamis (16/4/2020).

Ia menambahkan, nantinya Kemenparekraf juga akan memfasilitasi pendaftaran Kartu Prakerja bagi para pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terkena PHK.

Selain itu, ia akan berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk memfasilitasi penyaluran insentif kepada pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19.

"Berkaitan dengan Kartu Prakerja. Tadi Ibu Menaker dan kami, dan kami juga terus melakukan berbagai macam koordinasi. Ada 1,1 juta yang terkait tenaga kerja yang dapat Kartu Prakerja. Kira-kira yang bisa mendapatkan itu 1,1 juta orang," ujar Wishnutama.

"Lalu dengan Menkop UKM ada 2,1 juta UMKM yang terkait juga dengan pariwisata yang kita akan bantu bersama Menkop UKM," lanjut dia.

Pendaftaran Gelombang Kedua Kartu Prakerja

Gelombang pertama pendaftaran Kartu Prakerja sudah ditutup pada Kamis (16/4/2020) pukul 16.00 WIB.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved