Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Wabah Covid-19 di Jakarta, 300.000 Pekerja Terkena PHK dan Dirumahkan, Bisa Daftar Kartu Prakerja

Pemecatan karyawan dan dirumahkan itu terbagi dalam dua tahap, yakni 2-4 April dan 8-9 April 2020. Mereka diperbolehkan ikut daftar kartu prakerja.

Istimewa
ILUSTRASI Dipecat atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). 

"Para pekerja itu akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) berupa kartu Pra-kerja, insentif, dan pelatihan (bersertifikat)..."

“Apabila situasi nanti sudah normal (bebas wabah Covid-19), sertifikat itu bisa digunakan untuk mencari pekerjaan baru...”

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta mencatat ada 323.224 pekerja yang dirumahkan dan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat wabah virus corona (Covid-19).

Pemecatan karyawan dan dirumahkan itu terbagi dalam dua tahap, yakni pada 2-4 April dan 8-9 April.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi DKI Jakart Andri Yansyah merinci, total pekerja yang dirumahkan atau diliburkan dalam dua tahap itu mencapai 272.333 orang, sedangkan yang kena PHK mencapai 50.891 orang.

Virus Corona Picu PHK Massal, Berikut Ini Lima Langkah Jokowi Selamatkan Rakyat di Tengah Covid-19

Korban PHK dan Dirumahkan Akibat Wabah Corona di Indonesia Tembus 1,5 Juta Orang, Ini Rinciannya

Kabar baik, Karyawan yang Kena PHK, Dirumahkan atau Gaji Tidak Penuh Bisa Daftar Kartu Prakerja

Kemudian untuk jumlah perusahaan yang memecat pegawainya ada 6.782 perusahaan, dan yang memilih meliburkan pegawainya ada 32.882 perusahaan.

“Pegawai yang kena PHK dan pekerja yang dirumahkan itu kami data. Mereka tidak mendapatkan penghasilan atau upah akibat wabah corona,” kata Andri saat dihubungi wartawan pada Senin (13/4/2020).

Andri mengatakan, mereka akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) berupa kartu Pra-kerja, insentif, dan pelatihan.

Wali Kota Depok Instruksikan Disnaker Kawal Kasus PHK 87 Karyawan Ramayana

Buat Bantu Korban PHK dan Jaring Pengaman Sosial, Pemkot Tangerang Siapkan Anggaran Rp 138 Miliar

Ribuan Pekerja di Kota Bekasi Terancam PHK karena Pandemi Corona, Wali Kota Bekasi Sedang Mendata

Dengan harapan, mereka yang terkena PHK dapat mendapat pekerjaan baru karena mendapatkan sertifikat dan peningkatan kualifikasi untuk pekerjaannya yang baru.

“Apabila situasi nanti sudah normal (bebas wabah Covid-19), sertifikat itu bisa digunakan untuk mencari pekerjaan baru,” ujar Andri.

Bantuan dari pemerintah pusat

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved