Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Gubernur Jabar Ridwan Kamil Jelaskan Gerakan Nasi Bungkus Terkait PSBB Bogor Depok Bekasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah menyiapkan skema bantuan bagi warga terdampak, mulai bantuan pangan hingga dana sosial.

Editor: Ahmad Sabran
instagram@ridwankamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai diterapkan pada 15 April 2020 selama 14 hari di lima daerah di Jawa Barat, yaitu Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku telah menyiapkan skema bantuan bagi warga terdampak, mulai bantuan pangan hingga dana sosial.

Ridwan Kamil memiliki program Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan.

Program tersebut menggerakkan masyarakat kampung untuk menyediakan dapur umum.

Bahan makanan bisa diperoleh dari pemerintah ataupun sumbangan dari warga sekitar.

"Akan ada dapur umum untuk mereka (warga terdampak) agar tidak kelaparan. Yang bisa menyumbang makanan, silahkan koordinasikan dengan RT RW-nya. Semua RW di wilayah PSBB harus siaga, membantu sesama dan saling mengingatkan untuk waspada," ujar Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/4/2020).

Ridwan Kamil membagi bantuan menjadi dua golongan. Yang pertama untuk masyarakat yang sudah terdata dalam Sensus Ekonomi.

Golongan berikutnya ialah warga rentan miskin dan para pendatang atau perantau. Bantuan golongan pertama didanai dari APBN melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan kartu prakerja.

Penyerahan bantuan mulai dilakukan saat penerapan pertama secara berkala.

Adapun penerapan PSBB dipastikan berjalan usai disetujui oleh Menteri Kesehatan dalam video konferensi bersama para bupati dan wali kota. 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved