Berita Video

VIDEO: Airin Sambangi Rumah Lawan Covid-19 Tempat Penampungan Pasien Corona Tangsel

"Insya Allah Minggu depan rumah lawan Covid-19 untuk ODP dan PDP tanpa gejala bisa digunakan," ungkapnya sambil mengecek setiap sudut pekerjaan Rumah

Warta Kota/Rizki Amana
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany 

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany meninjau persiapan lokasi Rumah Lawan Covid-19 Orang Dalam Pengawasan (ODP) virus corona, Rabu (8/4/2020).

Gedung tersebut bertempat di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Ciater, Serpong, Tangsel.

"Insya Allah Minggu depan rumah lawan Covid-19 untuk ODP dan PDP tanpa gejala bisa digunakan," ungkap Airin sambil mengecek setiap sudut pekerjaan Rumah Lawan Covid-19. 

Airin menjelaskan, Rumah Lawan Covid-19 ini diperuntukan untuk ODP dan PDP tanpa gejala. Sehingga, jika dalam karantina gejala yang dirasakan hilang maka, bisa dikembalikan ke rumah masing-masing.

"Manajemen lokasi ini akan diserahkan ke Dinas Kesehatan dengan dibantu PMI. Dihitung tenaga medisnya. Ini khusus ODP, nanti jika ada yang sembuh dipulangkan. Jika semakin parah, ke rumah sakit rujukan," ujar Airin.

Koordinator Rumah Lawan Covid-19 Suhara, menerangkan gedung ini menampung sebanyak 120 tempat tidur. Dan pada Selasa pekan depan sudah bisa ditempatkan. 

"Kalau tidak ada halangan, Selasa sudah bisa beroperasi," kata Suhara.

Nantinya ada 6 petugas yang akan berjaga di setiap timnya.

"Kita membagi tiga tim, setiap tim ada 6 petugas yang terdiri dari dokter, perawat, pemberi makan dan lainnya," tuturnya.

Jumlah ini diluar dari petugas keamaan. Di mana Rumah Lawan Covid-19 ini akan dijaga ketat oleh petugas kepolisian, Satpol PP dan Koramil.

Di dalam Rumah Lawan Covid-19 akan ada fasilitas kamar tidur yang disekat.

Di sebelah kanan untuk laki-laki terdiri dari 75 tempat tidur dan 45 tempat tidur di sebelah kiri untuk wanita. 

"Kita ingin membuat suasana senyaman mungkin meski tidak senyaman rumah sendiri. Setiap kamar ada lemari, meja, kursi, wifi dan untuk ODP ada televisi. Bahkan kita menyiapkan mesin cuci, mereka bisa menyuci sendiri di sana," kata Suhara.

Sedangkan untuk kamar mandinya Sebanyak 12 untuk laki-laki dan 12 untuk wanita.

"Mereka bisa melakukan kegiatan seperti berjemur, olahraga dan lainnya," paparnya. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved