Virus Corona

Sopir Taksi Hingga Freelencer di Singapura Akan Dapat Subsisi Rp 11,4 Juta Per Bulan Imbas Corona

Wakil Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat mengatakan, perluasan ini memungkinkan 88.000 pekerja lepas (freelancer) dapat subsidi

KKday Image Resources
Singapura perluas penerimba subsidi imbas corona sebesar Rp 11,4 juta per bulan selama 9 bulan. Perluasan ini memungkinkan 88.000 pekerja lepas (freelancer) dapat subsidi 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Pemerintah Singapura berencana memperluas kriteria pekerja yang memenuhi syarat untuk mendapat subsidi uang tunai akibat wabah virus corona (Covid-29).

Wakil Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat mengatakan, perluasan ini memungkinkan 88.000 pekerja lepas (freelancer) seperti sopir taksi, hingga agen real estate bisa menerima bantuan dana sebesar 1.000 dollar Singapura (Rp 11,4 juta) tiap bulan selama 9 bulan mulai April 2020.

Demi Cegah Virus Corona, Duduk Atau Berdiri Berdekatan di Singapura Akan Didenda Hingga Rp 115 Juta

UPDATE: WNI Positif Corona di Singapura Jadi 25 Orang, Satu Sembuh, Satu Meninggal Dunia, 23 Dirawat

Sebelumnya, kriteria pekerja yang mendapat subsidi gaji pekerja di bawah skema bantuan Self-Employed Person Income Relief Scheme (SIRS) dianggap terlalu sempit sejak diumumkan pada 26 Maret 2020 lalu.

"Misalnya, mereka yang mendapat penghasilan sampingan sebagai karyawan tidak memenuhi syarat," kata Heng dikutip Chanel News Asia, Selasa (7/4/2020).

Heng menuturkan, pemerintah pun akhirnya mengumumkan langkah-langkah lebih lanjut untuk melindungi dampak ekonomi dari pandemi virus corona.

Toko produk kesehatan China di Singapura yang diduga menjadi salah satu penyebab penularan virus corona
Toko produk kesehatan China di Singapura yang diduga menjadi salah satu penyebab penularan virus corona (AFP)

Tolok ukur akan ditingkatkan dalam 2 cara. Pertama, SIRS akan mencakup pekerja lepas yang juga berpenghasilan kecil dari pekerjaan.

Kedua, ambang nilai tahunan properti telah dinaikkan dari 13.000 dollar Singapura menjadi 21.000 dollar Singapura untuk mencakup mereka yang tinggal di beberapa kondominium dan properti pribadi lainnya.

Puncak Wabah Virus Corona di Indonesia Bisa Terjadi Justru di Bulan Ramadan, Begini Penjelasan Pakar

Sementara kriteria lainnya tetap tidak berubah, termasuk memiliki pendapatan perdagangan bersih tidak lebih dari 100.000 dollar Singapura (Rp 1,1 miliar) dan penghasilan pasangan wiraswasta tidak boleh lebih dari 70.000 dollar Singapura (Rp 802,2 juta).

Heng menuturkan, tolok ukur yang direvisi itu membuat setidaknya 100.000 wiraswasta akan mendapat bantuan karena memenuhi syarat dari skema bantuan.

Mereka akan menerima 3 kali pembayaran sebesar 3.000 dollar Singapura (Rp 34 juta) mulai bulan Mei.

PKS Usulkan Maruf Amin Pimpin Tobat dan Zikir Nasional Lawan Covid-19, Yakin Efeknya Dahsyat

Halaman
12
Editor: Wito Karyono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved