Virus Corona

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ini Pesan Dokter Timnas Indonesia

Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi menganjurkan seluruh punggawa Timnas dapat menjaga kebugaran tubuhnya dengan memperhatikan beberapa aspek penting

Rafsanzani Simanjorang
Dokter Timnas U23 Syarief Alwi Marupey 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, JAKARTA - Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi menganjurkan seluruh punggawa Timnas dapat menjaga kebugaran tubuhnya dengan memperhatikan beberapa aspek penting.

Alwi mengatakan bahwa aspek penting yang harus diperhatikan adalah terkait urusan kebersihan dan tingkat maupun porsi latihan. Misalnya, berlatih di rumah masing-masing dan bersepeda.

Menurutnya, pemain Timnas dianjurkan untuk tidak pergi ke tempat gym yang mengundang banyak kerumunan orang. Itu dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus corona.

"Sebaiknya para pemain berlatih di rumah saja. Tidak dianjurkan untuk berlatih ditempat gym yang banyak orang. Itu anjuran disaat situasi seperti saat ini," ujarnya.

Pelatih Timnas Indonesia Ceritakan Aktivitas Gong Oh-kyun Sebelum Terkena Virus Corona

Lebih lanjut, bersepeda dinilai sangat baik, namun harus memperhatikan beberapa aspek di antaranya menggunakan masker berbahan kain dan dilakukan ditempat yang tidak banyak kerumunan.

"Bersepeda sangat bagus ya. Tapi dianjurkan untuk menggunakan masker berbahan kain dan juga dilakukan ditempat yang asri dan tidak banyak orang," jelasnya.

Tak hanya itu, untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona, Alwi mengimbau agar sebelum dan sesudah latihan harus tetap menjaga kebersihan alat latihan yang dimiliki.

Saddil Ramdani Tersangka, Ketum PSSI: Pemain Timnas Harus Jadi Contoh Teladan

"Jika memiliki alat gym sendiri di rumah, maka harus dijaga kebersihannya. Misal disemprot disinfektan atau sering dibersihkan sebelum ataupun sesudah digunakan untuk latihan," jelasnya.

Selain itu, Alwi berpesan apabila berpergian dari luar maka tubuh harus segera dibersihkan.

"Kalau terpaksa harus keluar rumah, maka setelah sampai kembali ke rumah harus dijaga kebersihannya. Cuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir, mengganti baju, lalu kemudian mandi. Lalu pakaian yang digunakan setelah berpergian di luar dianjurkan untuk segera dicuci," tandasnya.

Intens Bertemu Gong Oh-kyun, Staf Pelatih Timnas Indonesia Belum Lakukan Tes Virus Corona

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Murtopo
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved