Berita Video

VIDEO: RS di Pamulang Ini Dipilih Jadi Tempat Penanganan PDP Corona

Pernyataan itu dikeluarkan oleh pihaknya pasca melakukan peninjauan dan pengecekan fasilitas rumah sakit bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangs

Wartakotalive.com/m23
RS Aria Sentra Medika Kota Tangerang Selatan, Senin (6/4/2020). Rumah sakit yang akan dijadikan tempat pasien dalam pengawasan (PDP) ini sempat ditolak oleh warga setempat lantaran kurangnya sosialisasi Pemkot Tangsel. 

WARTAKOTALIVE.COM, PAMULANG, - Kepala Bidang Pelayanan Medis Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Dinkes Kota Tangsel), Imbar Umar Gazali tegaskan Rumah Sakit Sentra Aria Medika disediakan hanya untuk penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) yang terjangkit virus corona. 

Pernyataan itu dikeluarkan oleh pihaknya pasca melakukan peninjauan dan pengecekan fasilitas rumah sakit bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, TNI dan Polri. 

"Di sini PDP nunggu rujukan selanjutnya. Jadi, rumah sakit ini dijadikan transit rujukan untuk rujukan selanjutnya.Tetapi sekaligus dirawat. Jadi transit nunggu rujukan dibiarin saja gitu biar ada perawatannya," kata Imbar saat ditemui di lokasi, Kedaung, Pamulang, Tangsel, Senin (6/4/2020).

Kendati rumah sakit tersebut sudah tak lagi beroperasi sejak dua tahun lalu, pihaknya turut memastikan fasilitas kesehatan (faskes) yang memenuhi standar dalam penanganan PDP.

Sebab, dalam sepekan ini Pemkot Tangsel bakal merombak faskes rumah sakit demi memenuhi alat kesehatan yang mumpunindalam penanganannya. 

"Sebelum dapat rujukan kita rawat. Karena ruangan, fasilitas, obat mumpuni. Labnya ada, ini kan rumah sakit dulunya, sudah dikalibrasi," terangnya.

Selain itu, penambahan fasilitas lainnya berupa tempat tidur bagi pasien yang sebanyak 20 unit. 

Serta alat pendukung lain berupa Visual Conversion Reaction atau VCR (alat untuk membawa virus utk diteliti di laboratorium), dan rapid test.

"Normal 50 tapi kalau tambah bed (tempat tidur) jadi 70. Alatnya sudah kecuali alat VCR sama rapid test," jelasnya.

Ia pun mengatak bila rumah sakit tersebut akan dioperasikan dalam pekan ini. (m23)

Penulis: Rizki Amana
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved