Virus Corona

Ini Alasan Pemilihan Wagub Tetap Dilakukan di Tengah Pandemi Covid-19, Khawatir Anies Kena Corona

Pemilihan Wagub Dilakukan untuk Menghindari Kemungkinan Terburuk Anies Terinfeksi Corona. Simak selengkapnya dalam berita ini.

WARTA KOTA/FITRIYANDI Al FAJRI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

KETUA DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, mengatakan, proses pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa jabatan 2017-2022 pada Senin (6/4/2020) merupakan hal yang mendesak.

Soalnya DKI sebagai daerah epicentrum wabah virus corona (Covid-19) yang menyerang siapa saja tanpa melihat latar belakang masyarakat.

Hal ini juga berkaca pada pengalaman beberapa kepala daerah yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Namun pemerintahan mereka tetap berjalan karena ada jabatan wakil maupun kepala daerah yang tidak terkena Covid-19

Atas persoalan ini, DPRD DKI kemudian mengambil hal kemungkinan terburuk apabila Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terinfeksi virus corona.

Wakil Wali Kota Depok Apresiasi Anies yang Jadikan Jabodetabek Prioritas Khusus Penanganan Covid-19

Dikhawatirkan, roda pemerintahan DKI terganggu karena Anies tak memiliki wakil saat memimpin DKI Jakarta.

“Tambah lagi persoalan yang kita hadapi sekarang (Covid-19). Yah, amit-amit kalau ada yang terjadi sama gubernur, pemerintahan nggak boleh ada kekosongan, bahkan ada waktu jeda saja enggak boleh,” kata Prasetio pada Senin (6/4/2020 malam.

Selain itu, kata Prasetio, pemilihan Wagub DKI juga didorong oleh surat yang disampaikan Anies mengenai sosok Wagub DKI. Surat bernomor 28/-071.812 itu dikeluarkan Anies pada 21 Januari 2020 lalu.

“Nah dia (Anies) membuat surat kepada kami, makanya kami laksanakan sekarang dengan protokol kesehatan. Kami patuhi semua, jaga jarak, pakai masker, dan kami persempit jumlah undangan,” ujarnya.

Menurutnya, pemilihan Wagub digelar sebetulnya untuk membantu kinerja Anies dalam memimpin Jakarta. Keberadaan Wakil juga diharapkan menjadi tempat diskusi bagi Anies saat mengambil kebijakan untuk masyarakat Jakarta.

Beri Suntikan Semangat, Para Juara Ajang Pencarian Bakat Musik Dangdut Nyanyikan Ibu Pertiwi

“Pak Gubernur tuh supaya ada teman politiknya, inikan kerja politik dan, supaya komposisi pemerintah daerah juga lengkap (ada gubernur dan wakil gubernur),” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved