Breaking News:

Wagub DKI Jakarta

Adi Prayitno Anggap DPRD DKI Tebang Pilih, Gelar Rapat Pemilihan Wagub DKI saat Pandemi Virus Corona

Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa jabatan 2017-2022, Senin (6/4/2020), dianggap tidak mewakili suara rakyat Jakarta.

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Tim khusus yang dibentuk Polda Metro Jaya untuk mengawal prosesi pemakaman jenazah korban virus Corona atau Covid-19, Minggu (5/4/2020). Tim mengantisipasi penolakan warga dan mengantisipasi keluarga korban yang ingin memaksakan diri mengikuti proses pemakaman sehingga berpotensi tertular. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pengamat Politik menilai, pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa jabatan 2017-2022, Senin (6/4/2020), dianggap tidak mewakili suara rakyat Jakarta.

Alasannya, DPRD DKI Jakarta menggelar rapat tersebut saat pandemi virus corona atau Covid-19 merebak dan virus  ini berdampak pada kematian.

Sedangkan masyarakat Jakarta diminta untuk mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap di rumah dan menunda kegiatan mengundang keramaian.

Contohnya konser musik, pameran, resepsi pernikahan dan sebagainya.

Polisi Siapkan Pasal-pasal Hina Presiden dan Pejabat Tangani Corona, Ancaman Penjara Bisa 10 Tahun

626 Kasus Pandemi Virus Corona di Tangerang Selatan, 23 Orang di Antaranya Meninggal Dunia

“Kalau (pemilihan Wagub DKI Jakarta)  ini tetap digelar, namanya tebang pilih karena warga yang sudah merancang agenda resepsi pernikahan malah dibubarkan aparat,” kata Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, Minggu (5/4/2020).

Menurut Adi, DPRD DKI seharusnya tidak berlindung pada prosedur tetap (protap) rapat Paripurna pemilihan Wagub yang telah disusun dengan menggandeng instansi terkait.

Namun,  Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Jakarta berdalih, telah menyusun protap pemilihan dengan standar ketat demi menekan potensi penyebaran virus corona.

“Harusnya dewan menjadi contoh yang baik kepada konstituennya. Mereka kan di sana (DPRD) mewakili rakyat,” ujarnya.

Dinkes Kota Tangsel Klaim Telah Menjalani Tes Cepat Corona di 29 Puskesmas

Dorong UMKM di Tengah Wabah Corona, Pemkot Bekasi Rencana Anggarkan Dana Rp 4,7 Miliar

Adi juga mengatakan keheranannya atas sikap anggota DPRD DKI yang terkesan ngotot untuk menggelar rapat tersebut.

DPRD DKI juga diminta jangan beralasan bahwa rapat pemilihan digelar untuk mencari pendamping dan membantu kerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menghadapi virus corona.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved