Virus Corona

Menkes Terawan Agus Putranto Sebut Pemerintah Gunakan Tamiflu untuk Obat Covid-19

Terawan mengatakan, obat tamiflu digunakan berdasarkan protokol yang dikeluarkan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Warta Kota/Joko Supriyanto
Menkes Terawan Agus Putranto menyampaikan keterangan terkait dua Warga Depok positif Corona di Kementerian Kesehatan, Senin (2/3/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan mengatakan, pemerintah sudah membagikan 450.000 tablet obat tamiflu ke rumah sakit rujukan Covid-19.

Seperti dilansir dari Kompas.com, Terawanmengatakan bahwa pemerintah menggunakan obat jenis tamiflu untuk pasien Covid-19.

Terawan mengatakan, obat tamiflu digunakan berdasarkan protokol yang dikeluarkan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

"Kita menggunakan tamiflu, yang persediaannya ada yaitu kita sudah ada di dinas kesehatan dan sudah terbagikan," kata Terawan dalam rapat kerja dengan Komisi IX, Kamis (2/4/2020).

Prediksi BIN Soal Wabah Corona 99 Persen Akurat pada Maret 2020, Puncaknya Juli, 106.000 Kasus?

Kata Terawan pada Rabu kemarin bahan baku untuk pembuatan obat tamiflu sudah tiba.

"Dan ini kemarin hari Rabu, datang bahan baku untuk tamiflu, yang sehingga kita akan bisa mendapatkan satu juta tablet dalam seminggu dua minggu mendatang," ujar dia.

Menurut dia, pemerintah sudah menyiapkan skenario untuk menahan laju perkembangan Covid-19, bahkan apabila terjadi lonjakan pasien positif.

Fase Kritis Pendemi Virus Corona di Indonesia Diperkirakan Para Ahli Terjadi pada April

Diperlukan peningkatan kapasitas rumah sakit, termasuk sarana, prasarana, dan kesiapan sumber daya manusia rumah sakit.

Hingga Kamis (2/4/2020) pukul 12.00 WIB, total ada 1.790 kasus Covid-19 di Indonesia. Jumlah ini bertambah 113 pasien dalam 24 jam terakhir.

"Ada penambahan kasus konfirmasi positif yang baru sebanyak 113 orang, sehingga jumlah total ada 1.790 kasus positif akumulatif," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB pada Kamis sore.

Sikap Politik Komite I DPD RI Soal Penggunaan Dana Desa untuk Cegah dan Tanggulangi Pandemi Covid-19

Yurianto juga menyatakan bahwa ada penambahan 9 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

Dengan demikian, total pasien sembuh ada 112 orang. Pemerintah juga menyatakan bahwa ada penambahan 13 pasien meninggal dunia.

Total ada 170 pasien meninggal dunia setelah sebelumnya dinyatakan positif virus corona.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes Sebut Gunakan Obat Tamiflu Untuk Penyakit Covid-19"

Editor: Murtopo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved