Breaking News:

Virus Corona Jabodetabek

Polisi Tetapkan Seorang Warga Sebagai Tersangka Lantaran Sebar Hoaks Cipinang Melayu Lockdown

Polisi menetapkan warga Cipinang Melayu berinisial BG sebagai tersangka atas kasus penyebaran berita bohong alias hoaks di media sosial.

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/HO
Beberapa wilayah di Indonesia mulai terapkan lockdown atau karantina lokal untuk menekan penyebaran virus corona. Sementara itu Polisi menetapkan warga Cipinang Melayu berinisial BG sebagai tersangka atas kasus penyebaran berita bohong alias hoaks, Senin (30/3/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, MAKASAR - Polisi menetapkan warga Cipinang Melayu berinisial BG sebagai tersangka atas kasus penyebaran berita bohong alias hoaks lantaran video unggahan yang viral di media sosial berkaitan dengan lockdown kawasan Cipinang Melayu.

Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo mengatakan, video yang diambil BG dengan latar pekerja saat melakukan penutupan jalan sengaja disebar hingga akhirnya viral.

"Video tersebut selanjutnya dikirim ke WhatsApp grup Logistik yang merupakan grup kantor dari pelaku," kata Hery saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Senin (30/3/2020).

BG dianggap menyebarkan berita hoaks karena penutupan jalan yang dilakukan warga RW 04 tak mewakili kawasan Cipinang Melayu secara menyeluruh.

"Narasi yang disampaikan oleh pelaku nyatanya tidak benar. Karena yang ditutup adalah akses ke Kampung Bayur saja bukan akses jalan keseluruhan," ujarnya.

 Setelah Diisolasi di RS Hermina, Bupati Cellica Nurrachadiana Dipindah ke RSUD Karawang

 Amerika Kewalahan Hadapi Virus Corona, Donald Trump Setujui 2,2 Dollar Triliun untuk Atasi Wabah

 BREAKING NEWS: BILL Gates Usul Lockdown di Amerika Serikat 6 Minggu untuk Tekan Virus Corona

BG dijerat pasal 14 UU No 1 Tahun 1946 dan UU No 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi dan Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman paling lama 10 tahun penjara.

"Pelaku diamankan pada Minggu (29/3/2020) sekira pukul 14.00 WIB. Ditetapkan jadi tersangka penyebar bohong, karena tidak ada lockdown," tuturnya.

Sebelumnya tersebar video viral yang diungga oleh BG berkaitan dengan lockdown kawasan Cipinang Melayu.

Dalam video berdurasi 21 detik yang diambil pada Sabtu (28/3/2020), BG menyebut penutupan Jalan Inspeksi Kalimalang yang dilakukan warga RW 04 sebagai lockdown.

 Bojonggede Masuk Zona Merah Virus Corona, Ini Pesan Lurah Pabuaran Kepada Warganya

"Bos laporan bos, ini Cipinang Melayu semua akses ditutup, Lockdown. Semua pintu sudah ditutup, tidak bisa bebas keluar masuk. Semua pintu ditutup secara permanen untuk batas waktu yang tidak ditentukan," kata BG dalam video. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved