Travel

Ada Sisi Positif Dibalik Imbauan Pemerintah ke Masyarakat Labuan Bajo Terkait Isolasi Mandiri

Tidak hanya di Labuan Bajo, kota kecil yang memiliki akses langsung ke Pulau Komodo, tren positif indeks kualitas udara juga muncul di banyak kota.

Warta Kota/Vinny Rizki Amelia
ONE Tree Hill, hostel murah untuk backpacker di Labuan Bajo yang menawarkan pemandangan indah lautan Flores sambil menikmati matahari terbit ataupun tenggelam, Kamis (13/9/2018). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Udara bersih serta berkurangnya polusi suara terasa dalam beberapa pekan terakhir di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sepanjang Jalan Soekarno-Hatta --kawasan kendali roda perekonomian Labuan Bajo-- yang kerap bising dengan suara kendaraan bermotor, belum lagi debu yang berhamburan di udara, belakangan sepi.

Matheus Siagian, yang bergelut di industri pariwisata di kawasan Komodo, mengaku terkejut dengan indeks kualitas udara di Labuan Bajo dalam sepekan terakhir.

Presiden Joko Widodo melihat kawasan wisata Puncak Waringin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu (10/7/2019).
Presiden Joko Widodo melihat kawasan wisata Puncak Waringin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu (10/7/2019). (Biro Pers Setpres/Rusman)

"Pagi ini berdasarkan pantauan AirVisual, Labuan Bajo ada di angka 9 AQI (air quality index)," kata Matheus Siagian saat dihubungi, Senin (30/3/2020).

Menurut Matheus Siagian, ada sisi positif lain di balik imbauan pemerintah ke masyarakat Indonesia terkait isolasi mandiri.

"Angka-angka berdasarkan AirVisual itu belum pernah terjadi sebelumnya, terlebih di Labuan Bajo. Secara keseluruhan saya berpendapat, dunia bisa kembali bernafas segar," ujar Matheus Siagian.

Hiburan Menyenangkan di Rumah Saat Virus Corona, Anda Bisa Lakukan Virtual Traveling Disney

Berikut 6 Tips Pola Hidup Sehat Traveling untuk Penumpang Maskapai Citilink

Tidak hanya di Labuan Bajo, kota kecil yang memiliki akses langsung ke Pulau Komodo, namun tren positif indeks kualitas udara juga muncul di beberapa kota lainnya di Tanah Air.

"Secara global, polusi dunia menurun dan kualitas udara menjadi baik akibat berkurangnya operasional transportasi dan juga pabrik-pabrik skala besar," katanya.

Alam segar Labuan Bajo imbas isolasi mandiri, lanjut Matheus Siagian, sejatinya diselaraskan dengan upaya membangun kembali iklim sehat di sektor UKM.

ONE Tree Hill, hostel murah untuk backpacker di Labuan Bajo yang menawarkan pemandangan indah lautan Flores sambil menikmati matahari terbit ataupun tenggelam, Kamis (13/9/2018).
ONE Tree Hill, hostel murah untuk backpacker di Labuan Bajo yang menawarkan pemandangan indah lautan Flores sambil menikmati matahari terbit ataupun tenggelam, Kamis (13/9/2018). (Warta Kota/Vinny Rizki Amelia)

Sudah tidak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 telah mendorong sektor usaha terjun bebas ke lembah keterpurukan.

Halaman
12
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved