Virus Corona Jabodetabek

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Kota Bogor Siap Karantina Wilayah Bila Jakarta Lockdown

Pemkot Bogor pada dasarnya telah siap untuk melakukan karantina wilayah atau local lockdown untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Warta Kota
Relawan PMI Kota Jakarta Pusat,l melakukan penyemprotan disinfektan di Jalan KH Mas Mansyur, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (28/3/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menegaskan, Pemkot Bogor pada dasarnya telah siap untuk melakukan karantina wilayah atau local lockdown untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Namun, keputusan untuk melakukan karantina wilayah itu baru akan diterapkan jika DKI Jakarta terlebih dahulu memberlakukannya.

Karantian wilayah ini juga dilakukan menyusul rencana pembahasan pemerintah pusat yang akan menerapkan lockdown di DKI Jakarta.

Seperti dilansir Wartakotalive.com dari Kompas.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan langkah untuk memberlakukan karantina wilayah untuk menekan persebaran virus corona.

Tengah Dilacak Jejak Sopir Bus Wonogiri-Jakarta-Bogor Positif Corona, Dirawat di RSUD Wonogiri

"Kita (Pemkot Bogor) intinya siap untuk itu (lockdown). Mau sebulan, dua bulan, kita siap. Tapi itu tidak akan ada artinya kalau DKI tidak melakukan pembatasan-pembatasan yang signifikan," ucap Dedie, dalam video conference, Minggu (29/3/2020).

Dedie tak memungkiri, tingkat ketergantungan Kota dan Kabupaten Bogor dengan DKI Jakarta memang sangat tinggi.

Hal itu, sambung Dedie, terlihat dari koneksi antar warga di wilayah Jabodetabek termasuk kepadatan arus lalu lintasnya.

Ternyata Oknum ASN yang Mencuri Masker di RSUD Pagelaran Cianjur, Dijual ke Bogor

Ia menjelaskan, yang menjadi catatan penting adalah DKI Jakarta saat ini menjadi episentrum penyebaran atau perluasan Covid-19.

Sebab itu, kata dia, pemerintah pusat dirasa perlu untuk melakukan pembatasan atau mengkarantina wilayah Jakarta.

"Jadi, saya dengan Ibu Bupati sepakat episentrumnya dulu diberesin. Kota dan Kabupaten Bogor akan menyesuaikan. Artinya, semua langkah harus terpadu semuanya, harus betul-betul kita koordinasikan dengan baik," sebut Dedie.

Masuk Zona Merah Penyebaran Virus Corona, Bupati Bogor Serukan Bakal Berlakukan Pengawasan Ketat!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kota Bogor Siap Berlakukan Karantina Wilayah jika Jakarta Lockdown"

Editor: Murtopo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved