Virus Corona Jabodetabek

Jumlah ODP dan PDP di Depok Melonjak, Pemkot Depok Siapkan Rumah Sakit Lapangan

Sejauh ini, kata Dadang, Pemkot Depok sudah merencanakan RS yang didedikasikan untuk Covid-19 di wilayah Depok, yaitu RSUI.

Warta Kota
Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana 

DEPOK, WARTA KOTA -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, memaparkan langkah-langkah yang tengah dilakukan pihaknya.

Diantaranya berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi, yang dikatakan Dadang dilakukan secara langsung.

Dalam menangani kasus Covid-19, Dadang menjelaskan pihaknya melakukannya sesuai protokol, yakni dengan menelusuri (tracing) orang-orang yang kontak erat dengan pasien, dan penanganan di lingkungan sekitar rumah pasien.

Dilakukan pula pengawasan intensif bagi orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), warga yang terkonfirmasi positif dan melakukan isolasi mandiri.

Tindakan lainnya adalah penyemprotan disinfektan, sosialisasi secara masif, menggerakan relawan, dan lainnya.

Dokter spesialis paru Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dr. Raden Rara Diah Handayani, saat menjelaskan proses penularan virus corona di RSUI Kampus UI Depok, Selasa (4/2/2020).
Dokter spesialis paru Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) dr. Raden Rara Diah Handayani, saat menjelaskan proses penularan virus corona di RSUI Kampus UI Depok, Selasa (4/2/2020). (Warta Kota/Vini Rizki Amelia)

"Kami memahami banyaknya keluhan yang disampaikan warga. Hal ini mengingat pandemi Covid-19 ini demikian masif, sedangkan peralatan sulit diperoleh, terutama APD," tutur Dadang.

Di samping itu, Dadang juga mengatakan bahwa fasilitas kesehatan yang menangani Covid-19 rata-rata  fasilitasnya terbatas.

Sejauh ini, kata Dadang, Pemkot Depok sudah merencanakan RS yang didedikasikan untuk Covid-19 di wilayah Depok, yaitu RSUI yang saat ini tengah dipersiapkan.

"Kami rencanakan rumah sakit lapangan di area RSUD, hingga alternatif menyiapkan ruangan sekolah yang akan didedikasikan sebagai tempat penanganan kasus ringan Covid-19.

"Demikian pula dengan rumah sakit di Wisma Atlet, kami melakukan koordinasi intensif untuk penanganan kasus CvidD-19 dari Kota Depok," tandasnya.

UPDATE Korban Meninggal Dunia karena Corona di Depok Jadi 3 Orang, Terbaru Pejabat di Kementrian

Pasien Baru Positif Virus Corona di Depok Bertambah 8 Orang, Sementara 4 Orang Sembuh

Benyamin Davnie Puji Keberanian Warga Graha Bintaro Jaya Melakukan Lockdown Lokal

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved