Breaking News:

Virus Corona

Meski Keberangkatan Penumpang Menurun, Masih Banyak Warga Jakarta yang Pulang Kampung

Pemprov DKI Jakarta telah melakukan imbauan untuk mengurangi kontak sosial dengan cara meminta masyarakat untuk bekerja di rumah atau work from home.

Joko Supriyanto
Foto dokumentasi: Deretan bus di Terminal Kampung Rambutan, Rabu (28/6/2017) 

WARTAKOTALIVE.COM, KAMPUNG RAMBUTAN - Pemprov DKI Jakarta telah melakukan imbauan untuk mengurangi kontak sosial dengan cara meminta masyarakat untuk bekerja di rumah atau work from home (WFH).

Meski begitu, masih banyak warga yang tak menghiraukan imbauan tersebut dan mengambil kesempatan untuk melakukan perjalanan pulang menuju kampung halaman.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Made Joni membenarkan, meski terjadi penurunan keberangkatan penumpang, sejumlah warga nekat mudik.

"Keberangkatan penumpang menurun, tapi masih ada yang pulang kampung. Kebanyakan yang memang setiap dua minggu rutin pulang kampung," kata Made saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Jumat (27/3/2020).

Berdasarkan data yang dicatat, keberangkatan penumpang yang rata-rata per harinya sebanyak 2.500-3.000 penumpang kini turun jadi 1.300 penumpang per hari.

 BREAKING NEWS: BILL Gates Usul Lockdown di Amerika Serikat 6 Minggu untuk Tekan Virus Corona

 Menyusuri Jalan Cinta Bung Hatta dalam Ikatan Sumpah Tak Menikah Sebelum Indonesia Merdeka

 Surat Edaran Libur Sekolah di Kota Bekasi Diperpanjang Tersebar, Disdik Sebut Masih Pembahasan

"Ini data per tanggal 26 Maret, sejak dua minggu lalu sebenarnya sudah turun dan semakin ke sini terus turun. Diprediksi jumlah keberangkatan terus menurun lagi," lanjut Joni.

Pihaknya pun tak bisa melarang karena hingga kini Kementerian Perhubungan atau Dinas Perhubungan DKI urung mengeluarkan larangan pulang kampung saat imbauan WFH dilakukan.

Baik Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta hanya meniadakan program mudik gratis bagi warga yang sebelumnya rutin digelar.

"Kalau pelarangan mudik kan kebijakan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan atau Gubernur DKI. Kalau memang dilarang ya nanti kita larang," ujarnya.

 Beberapa Artis dan Public Figur Ucapkan Belasungkawa untuk Ibunda Jokowi

Joni menuturkan pihaknya hanya dapat mengimbau warga agar tak berpergian jauh dan melakukan upaya pencegahan penularan virus Covid-19.

Yakni lewat cara penyemprotan disinfektan, pemeriksaan suhu tubuh bagi penumpang dan awak bus, hingga penyedian hand sanitizer.

"Kita setiap malamnya sekarang ada penyemprotan disinfektan. Ini di luar penyemprotan hasil kerja sama dengan sejumlah pihak yang dilakukan sebelumnya," tuturnya. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved