Virus Corona

Cegah Penyebaran Virus Corona, PN Jakarta Utara Gelar Sidang Online Tanpa Kehadiran Terdakwa

Pandemi virus corona atau COVID-19 yang belakangan terjadi di Indonesia mengubah jalannya persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Istimewa
DERETAN pintu ruang sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. 

"Secara teknis majelis hakim membuka sidang di ruang sidang. Sedangkan jaksa bisa tetap bersidang dari kantornya sendiri atau datang ke ruang sidang..."

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Pandemi virus corona atau COVID-19 yang belakangan terjadi di Indonesia mengubah jalannya persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Terhitung mulai Selasa (24/3) lalu, persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara tidak lagi dilakukan dengan cara yang konvensional.

Persidangan dilakukan secara online atau daring dengan memanfaatkan fasilitas video conference antara pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Satu Ton Jeruk Pontianak Dibagikan Kepada Warga Jakarta Utara untuk Cegah Virus Corona

Pengadilan Negeri Jakarta Utara Terapkan Physical Distance dengan Sidang Online

Samsat Jakarta Pusat dan Jakarta Utara Sudah Beroperasi Kembali

Majelis hakim memimpin jalannya persidangan berada di Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan jaksa ada di Kejaksaan Negeri Jakarta Utara.

Sementara untuk terdakwa yang menjalani persidangan online, yang bersangkutan tetap berada di lapas atau rutan tempatnya ditahan selama ini.

Humas Pengadilan Jakarta Utara Djuyamto mengatakan penasehat hukum terdakwa tetap dihadirkan dan berada ruang sidang mengikuti jalannya persidangan.

"Kalau kemarin, tanggal 24 (Maret) untuk penasehat hukum ada di ruang sidang," kata Djuyamto, saat dihubungi Wartakotalive.com, Jumat (27/3).

Menurut Djuyamto, pada pelaksanaan hari pertama sidang online, unsur sidang terkait seperti majelis hakim, jaksa dan penasehat hukum hadir di ruang sidang.

"Yang tidak ada itu hanya terdakwa, terdakwanya di lapas karena ada edaran dari Menkumham bahwa terdakwa tidak boleh dibawa keluar," ucap Djuyamto.

Halaman
12
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved