Virus Corona

Warga Jakarta Banyak yang Mudik di Masa Pemberlakuan Kerja di Rumah, DPRD Jabar Minta Lockdown

Sejumlah anggota DPRD Provinsi Jawa Barat mengusulkan lockdown diberlakukan di daerah yang memiliki persebaran tinggi virus corona Covid-19.

Warga Jakarta Banyak yang Mudik di Masa Pemberlakuan Kerja di Rumah, DPRD Jabar Minta Lockdown
Warta Kota
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada awak media saat melakukan pengecekan kesiapan di lokasi rapid test untuk Corona atau Covid-19 di Stadion Patriot Candrabaga Kota Bekasi, pada Minggu (22/3/2020). 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa sejumlah anggota DPRD Provinsi Jawa Barat mengusulkan lockdown diberlakukan di daerah yang memiliki persebaran tinggi virus corona Covid-19.

Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang lebih masif di Jawa Barat.

 Ridwan Kamil mengatakan jumlah warga Jabar yang positif virus corona berjumlah 73 orang pada Kamis (26/3/2020) siang. 

Mayoritas atau tiga perempatnya berada di zona Bogor, Bekasi, dan Depok. Peringkat kedua barulah Bandung Raya.

Ridwan Kamil mengatakan keinginan tersebut diungkapkan sejumlah anggota dewan dalam rapat koordinasi yang dihadiri ketua dan pimpinan dewan bersama ketua komisi dan fraksi DPRD Jabar, di Gedung Sate, Kamis (26/3/2020).

Tidak Semua Orang Bisa Rapid Test Covid-19, Hanya Khusus yang Sakit

"Dewan mengusulkan, ada usulan lockdown di beberapa kota dan kabupaten. Sedang kita diskusikan dengan pemerintah pusat. Apakah masukan-masukan dari pemerintah Jawa Barat bisa dipertimbangkan, terkait beberapa masukan dari dewan ini," kata gubernur di Gedung Sate, Kamis (26/3/2020).

Emil mengatakan usulan lockdown ini muncul mengingat banyaknya laporan dari sejumlah daerah mengenai banyaknya orang yang mudik dari Jakarta dan sekitarnya ke kampung halamannya di Jawa Barat di masa bekerja di rumah tersebut.

Rapid Test Virus Corona di Jakarta Timur Utamakan 3 Golongan Ini, Termasuk Tenaga Medis 10 Puskesmas

"Jadi problem kali ini, jumlah ODP (orang dalam pemantauan) melonjak karena seharusnya orang-orang yang tinggal di Jakarta, karena menggunakan program kerja di rumah ini, malah pulang ke daerahnya seperti mudik. Ini menjadi kendala besar di daerah dan perlu ada tindakan preventif," ujarnya.

Emil mengatakan jumlah warga Jabar yang positif virus corona berjumlah 73 orang pada Kamis (26/3/2020) siang.

Mayoritas atau tiga perempatnya berada di zona Bogor, Bekasi, dan Depok. Peringkat kedua barulah Bandung Raya.

Cegah Virus Corona, Ini 6 Tips untuk Tingkatkan Imunitas si Buah Hati

Sedangkan jumlah ODP meningkat di daerah lain seperti Sumedang akibat banyak warga yang mudik.

"Saya laporkan juga dari perkembangan terakhir, ketiga kepala daerah di Jabar sudah positif, Wali Kota Bogor, Wakil Wali Kota Bandung, dan Bupati Karawang. Saya pun sudah melakuakan tes kedua, akhirnya saya negatif. Alhamdulilah Jawa Barat gubernurnya sehat sehingga bisa lakukan proses penanggulangan ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Sejumlah Daerah di Jabar Minta Di-Lockdown, Ridwan Kamil Siap Sampaikan ke Pusat

Editor: Murtopo
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved