Berita Video

VIDEO: Kerumunan Warga Mulai Berkurang, Polisi Gelar Patroli Humanis

"Kita beri imbauan yang masih nongkrong untuk pulang dan kami beri pemahaman social distancing," katanya.

Polda Metro Jaya serta polres dan polsek jajaran akan terus menggelar patroli humanis untuk meminta massa yang berkerumun dan berkumpul membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID 19.

"Kami akan terus lakukan patroli ini, baik oleh Polsek, Polres atau Polda Metro Sendiri. Meskipun saat ini sudah mulai terasa kerumunan massa yang biasa terjadi di beberapa titik mulai berkurang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Kamis (26/3/2020).

Menurut Yusri kegiatan sambang masyarakat dengan patroli ini lebih ditekankan secara humanis atau dengan imbauan.

"Kita beri imbauan yang masih nongkrong untuk pulang dan kami beri pemahaman social distancing," katanya.

Selama kegiatan ini kata Yusri semua masyarakat yang berkumpul menurut dan mengikuti imbaun petugas. "Namun jika ada yang berkeras tak mau diimbau untuk bubar maka ada aturan hukumnya bagi mereka dan bisa dijerat pidan sesuai Pasal 212, Pasal 216 dan Pasal 218 KUHP," katanya.

Sehingga menurut Yusri tak menutup kemungkinan, pihaknya melakukan pembubaran paksa bagi massa yang tidak menuruti imbauan pihaknya.

Sebelumnya Polda Metro Jaya bersama TNI menggelar patroli skala besar berupa pemberian himbauan kepada masyarakat yang masih berkerumun di beberapa titik, terkait penyebara virus corona atau COVID 19, Selasa (24/3/2020) malam, mulai pukul 20.00 sampai pukul 24.00

Patroli yang melibatkan 160 personel itu mendapati masih adanya warga yang berkumpul di sejumlah titik dan wilayah.

Kepada mereka, petugas mengimbau dan meminta agar warga pulang ke rumah masing-masing, untuk mencegah penyebaran virus corona.

Direktur Samapta Kombes Pol M Ngajib mengatakan dalam patroli itu, didapati masih ada warga yang berkerumun dan berkumpul, sehingga rawan terjadi penyebaran virus corona.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved