Virus Corona

Pemkab Bekasi Gelar Rapid Test Virus Corona atau Covid-19 Mulai Hari Ini

Pemerintah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan rapid test atau tes cepat Covid-19 mulai hari ini Kamis (26/3/2020).

Pemkab Bekasi Gelar Rapid Test Virus Corona atau Covid-19 Mulai Hari Ini
Warta Kota/Muhammad Azzam
Pemerintah Kota Bekasi melakukan rapid test atau tes cepat Corona atau Covid-19 kepada ratusan tim medis di Stadion Patriot Candrabaga Kota Bekasi, pada Rabu (25/3/2020). 

Pemerintah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan rapid test atau tes cepat Covid-19 mulai hari ini Kamis (26/3/2020).

Juru Bicara Pusat dan Kordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, pelaksanaan rapid test dilakukan khusus kepada orang yang masuk kategori A seperti Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Tenaga Kesehatan yang bekerja di rumah sakit yang menangani Covid-19.

“Sistemnya dengan mendatangi kediamannya dan rumah sakit yang menangani pasien Covid-19," ujar Alamsyah, pada Kamis (26/3/2020).

Dokter Peserta Rapid Test Kecewa: Ratusan Tim Medis Kota Bekasi Dites Massal Bisa Menularkan

Alamsyah menjelaskan pelaksanaan rapid tes ini akan dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama secara Door to Door untuk kategori A, yakni dengan mendatangi rumah dan rumah sakit.

Tahap kedua dilakukan dengan sistem Drive Thru yang rencananya akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur.

"Rapid tes secara door to door berdasarkan data ODP dan PDP yang masuk per tanggal 25 Maret 2020 ke Puskesmas masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi," katanya.

Dokter Peserta Rapid Test Sesalkan Ratusan Tim Medis Kota Bekasi Dites Massal di Stadion Patriot

Menurutnya, dalam melakukan rapid tes ini ada beberapa rumah sakit yang akan dilibatkan, seperti sepuluh rumah sakit yang di jadikan tempat rujukan, Puskesmas Tambun Selatan, Tambun Utara, Cikarang, dan Lemah Abang.

Rapid tes ini juga akan menerjunkan sekitar 200 tenaga kesehatan.

“Rapid test kepada tenaga medis juga dilakukan sosialisasikan kepada petugas Puskesmas tentang bagaimana cara dan teknis penggunaan rapid tes ini,” imbuh dia.

BREAKING NEWS: Pemkot Bekasi Gelar Rapid Test COVID-19 di Stadion Patriot, Khusus Tim Medis

Selain itu, pihaknya juga akan menggelar rapid tes tahap kedua yang akan dimulai pada 27 Maret 2020 mendatang atau setelah pelaksanaan rapid tes tahap pertama selesai.

Pelaksanaan test tahap kedua diperuntukkan bagi kategori B. Tahap kedua ini dengan sistem Drive Thru.

"Untuk pesertanya, ditahap pertama kan kategori A, nah tahap kedua ini kita tes kategori B," papar dia.

Untuk diketahui kategori B ialah pejabat pemerintah, Polres, Kodim yang berinteraksi dengan banyak warga. Kategori B termasuk bagi warga yang memiliki gejala.

WALI Kota Bekasi Ungkap Rapid Test COVID-19 Tak Semudah yang Digambarkan Gubernur Jawa Barat

Sebelumnya, Pemkab Bekasi telah menerima sebanyak 1.000 alat rapid tes yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Rabu (25/3) kemaren.

Alat Rapid Test berupa test pack dimana pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sampel darah kapiler, lalu diteteskan ke alat test pack. Pelaksanaan Rapid test ini diharapkan dapat mengetahui peta penyebaran sehingga bisa menekan angka kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved