Imbas Penyebaran Virus Corona, Asosiasi Sepakbola Asia Tunda 3 Kejuaraan di Indonesia

Federasi sepak bola Asean (AFF)menunda pelaksanaan Piala AFF wanita U-18, Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19 di Indonesia pada tahun 2020.

Imbas Penyebaran Virus Corona, Asosiasi Sepakbola Asia Tunda 3 Kejuaraan di Indonesia
PSSI.org
Selebrasi Timnas Indonesia setelah jadi juara Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. 

Federasi sepak bola Asean (AFF) memutuskan menunda pelaksanaan Piala AFF wanita U-18, Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19 yang akan berlangsung di Indonesia pada tahun 2020.

Sejatinya, Piala AFF wanita U-18 akan digelar pada bulan Juni 2020, Piala AFF U-16 akan berlangsung bulan Juli 2020. Sedangkan, Piala AFF U-19 akan bergulir pada bulan Agustus 2020.

Selain tiga ajang tersebut, AFF turut menunda Piala AFF wanita 2020 yang berlangsung di Filipina pada bulan Mei turut ditunda.

Cara Jitu Pencegahan Virus Corona yang Ditempuh Direktur SDM PS Tira Persikabo Esti Puji Lestari

Keputusan penundaan itu tak lepas dari penyebaran virus corona yang semakin meluas diberbagai negara.

Presiden AFF Khiev Sameth menerangkan, penundaan perlu dilakukan untuk menghindari berbagai elemen di sepak bola dari virus corona.

"Ini saat yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia, termasuk komunitas sepak bola kami. Kami akan berusaha melewatinya bersama," kata Khiev Sameth dalam keterangan resminya, Kamis (26/3/2020).

Jelang Piala AFF dan Piala AFC U-16 2020, Timnas Indonesia Jajal Kemampuan India di Laga Uji Coba

Khiev Sameth mengatakan, kegiatan kerumunan massa seperti sepak bola memiliki risiko besar saat mewabahnya virus corona.

"Kami membuat keputusan menunda dan bila perlu membatalkan turnamen untuk meminimalisasi kontak sosial dengan tujuan melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak," tambahnya.

Di sisi lain, empat ajang lainnya yakni Piala AFF Wanita U-15 di Indonesia pada September, serta tiga ajang di Thailand, yakni Piala AFF Futsal, Futsal Antarklub, dan Sepak Bola Pantai AFF tetap berjalan sesuai dengan jadwal.

"Kami akan terus mengawasi dan tidak ragu melakukan perubahan jadwal bila diperlukan. AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan keluarga dan komunitas kami," tutupnya.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada informasi perubahan jadwal pertandingan Piala AFF 2020.

Penulis: Wahyu Septiana
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved