Cegah Penurunan Tanah, Pembangunan Tanggul di Pulau Karya Hampir Rampung

Pembangunan tanggul di Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu sedikit lagi rampung.

Cegah Penurunan Tanah, Pembangunan Tanggul di Pulau Karya Hampir Rampung
istimewa
Pembangunan tanggul di Pulau Karya sudah hampir rampung. 

Pembangunan tanggul di Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu sedikit lagi rampung.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu, Abdul Rauf mengatakan pembangunan tanggul tersebut berada di sisi utara dan sisi timur Pulau Karya.

"Saat ini kondisi pengerjaannya sudah mencapai 90 persen," ucap Abdul, Kamis (26/3/2020).

Pantai Cikaya Bakal Jadi Spot Wisata Baru Pulau Karya untuk Tarik Wisatawan

Menurut Abdul, pembangunan tanggul tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menahan gelombang air pasang sekaligus juga mencegah abrasi pantai di Pulau Karya.

"Mudah-mudahan dapat mengurangi penurunan tanah di Pulau Karya yang menurun secara perlahan saat gelombang datang," harapnya.

Abdul menjelaskan bahwa untuk tanggul di sisi utara Pulau Karya memiliki spesifikasi panjang 55 meter dengan lebar 1,3 meter serta ketinggian 80 cm.

SPBU Apung Ditempatkan di Pulau Karya, Ini Alasannya

Sementara untuk tanggul di sisi timur Pulau Karya mempunyai panjang sekitar 57,8 meter dengan lebar 1,3 meter dan ketinggian 80 cm.

"Pembangunan dikerjakan secara manual dan sudah dimulai sejak 17 Maret lalu. Diharapkan akhir bulan Maret ini sudah selesai," kata Abdul.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved