Virus Corona

500 Rapid Test Disediakan di Puskesmas Kramat Jati Dilakukan Mulai Kamis 26 Maret 2020

Sebanyak 500 rapid test disediakan Puskesmas Kramat Jati guna pemeriksaan cepat Covid-19 yang dilakukan mulai hari ini, Kamis (26/3/2020).

500 Rapid Test Disediakan di Puskesmas Kramat Jati Dilakukan Mulai Kamis 26 Maret 2020
Warta Kota/Rangga Baskoro
Pelaksanaan rapid test di Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020). 

Sebanyak 500 rapid test disediakan Puskesmas Kramat Jati guna pemeriksaan cepat Covid-19 yang dilakukan mulai hari ini, Kamis (26/3/2020).

Kepala Puskesmas Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan, rapid test ditujukan untuk tenaga medis, orang dalam pemantauan (ODP), dan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Total ada 500, hari ini sudah 213 orang yang sudah diperiksa. Untuk rapid test hari ini lebih banyak untuk tenaga kesehatan dan ODP," kata Inda saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

Tenaga medis diprioritaskan karena terlibat langsung menangani pasien Covid-19, baik di rs dan yang dikarantina mandiri.

Penanganan pasien Covid-19 pun sangat bergantung kepada tenaga medis yang di sejumlah RS kekurangan alat perlindungan diri (APD).

 Bojonggede Masuk Zona Merah Virus Corona, Ini Pesan Lurah Pabuaran Kepada Warganya

 Keuangan Barcelona Mulai Sulit Akibat Terdampak Covid-19, Gaji Messi Cs Terancam Dipangkas

 Catat, Mulai Hari Ini Jadwal Operasional Tiga Bank ini Dibatasi

 Viral Surat Terbuka Dokter Tifauzia Tyassuma untuk Jokowi Minta Lockdown Indonesia

"Besok dilanjutkan pemeriksaan tenaga medis yang belum, ODP, dan PDP. Pemeriksaan dilakukan bertahap agar jangan sampai ada kerumunan," ujarnya.

Inda menuturkan rapid test di Puskesmas Kramat Jati dilakukan dalam satu ruang khusus yang sudah menerapkan social distancing.

Namun tenaga medis Puskesmas Kramat Jati bakal menyambangi rumah segelintir ODP yang menjalani karantina mandiri di rumah.

"Isolasi di rumah itu setiap harinya dipantau petugas medis Puskesmas. Yang isolasi di rumah mengalami gejala ringan, isolasi di RS hanya yang gejala berat," tuturnya.

 Beberapa Artis dan Public Figur Ucapkan Belasungkawa untuk Ibunda Jokowi

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved