Breaking News:

Virus Corona

Hati-hati, Melawan Imbauan Polisi Soal Cegah Penyebaran Virus Corona Bisa Dihukum Satu Tahun Penjara

Hati-hati, jika membandel dengan tetap berkumpul dan melawan imbauan polisi dalam mencegah penyebaran virus corona bisa dihukum satu tahun penjara

Editor: Dwi Rizki
instagram @hotmanparisofficial
Kofibrik Persebaya Store 

Polisi akan menjerat pihak-pihak yang tidak mematuhi imbauan anggota kepolisian saat diminta membubarkan diri dengan hukum pidana.

Pembubaran kerumunan massa dilakukan dalam rangka pencegahan penularan virus corona.

“Apabila ada masyarakat yang membandel, yang tidak mengindahkan perintah personel yang bertugas untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, kami akan proses hukum,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal dikutip dari Kompas.com di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Senin (23/3/2020).

Pembubaran tersebut tertuang dalam Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona ( Covid-19).

Dalam maklumat itu, tindakan pengumpulan massa terdiri atas lima hal.

Pertama, pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan kegiatan lainnya yang sejenis.

Kofibrik Persebaya Store Digrebek Aparat Kepolisian. Seluruh pengunjungnya Disuruh Pulang

Kedua, kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga. Ketiga, kegiatan olahraga, kesenian, dan jasa hiburan.

Keempat, unjuk rasa, pawai dan karnaval.

Terakhir, kegiatan lain yang menjadikan berkumpulnya massa.

Kecewa Banyak Orang Masih Berkeliaran, Hotman Paris Ungkap Kesedihan Anak yang Kehilangan Ayahnya

Masyarakat yang melawan untuk dibubarkan akan dijerat dengan Pasal 212 KUHP, Pasal 216 KUHP, dan Pasal 218 KUHP.

Menurut Iqbal, seluruh jajaran kepolisian di Indonesia turun tangan untuk memberikan imbauan hingga menindak tegas mereka yang tidak mematuhi.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal kepada wartawan usai mendampingi Kapolri Idham Aziz menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/12/2019).
Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal kepada wartawan usai mendampingi Kapolri Idham Aziz menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/12/2019). (KOMPAS.com/Ihsanuddin)

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved