Breaking News:

Virus Corona

Antisipasi Virus Corona, Layanan Langsung Administrasi Penduduk Dihentikan Sementara

Layanan administrasi kependudukan langsung dihentikan sementara sebagai antisipasi wabah virus corona dan dialihkan lewat online.

ANTARA/HO-Kasatpel Dukcapil Jakarta Selatan
Petugas Dukcapil di Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan menggunakan masker saat bertugas melayani administrasi kependudukan, Jumat (20/3/2020) (ANTARA/HO-Kasatpel Dukcapil Jakarta Selatan) 

Layanan administrasi kependudukan langsung dihentikan sementara sebagai antisipasi wabah virus corona dan dialihkan lewat online.

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Pusat, Erik Polim mengatakan mulai hari ini Senin (23/3) layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dihentikan sementara hingga 10 hari kedepan.

Hal ini sebagai bentuk pencegahan dan penyebaran virus covid-19 yang kian meluas, sehingga layanan yang bersifat tatap muka dihentikan sementara dan dapat diganti melalui online.

Warga Kota Tangerang yang Terlambat Urus Administrasi Kependudukan Kini Tak Didenda

"Sebenarnya pelayanan tetap ada tapi saat ini layanan kependudukan melalui online aplikasi Akses Langsung Pelayanan Dokumen Cepat dan Akurat (Alpukat Betawi)," kata Erik dikonfirmasi, Senin (23/3/2020).

Menurut Erik pelayanan Adminduk yang dilakukan secara online seperti pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Pendukung (KTP), Akte Kelahiran, Akte Perceraian, permohonan kedatangan, perubahan biodata, serta pengurusan administrasi kependudukan lainnya.

"Jadi pelayanan yang bersifat tatap muka itu kami ganti dengan online. Ini kami lakukan sebagai bentuk pencegahan penularan virus Covid-19," katanya.

Penggunaan APD Dihemat, Perawat Pasien Virus Corona Jalani Tugas Multifungsi di Ruang Isolasi

Bagi warga yang akan mengurus adminduk dapat menggunakan pelayanan lewat aplikasi Alpukat Betawi yang dapat di download lewat Playstore dan AppStore di handphone.

"Di dalam aplikasi itu dijelaskan apa saja persyaratan. Setelah mereka ikuti yang ada di aplikasi tersebut kemudian penyelesaian administrasi pencetakan pas petugas masuk kembali," ujarnya.

Layanan melalui Alpukat Betawi dimulai pada pukul 07.30 hingga pukul 16.00 WIB. Sementara itu, seluruh ASN dan PJLP melakukan pekerjaan tugas kantor dengan cara work form home (WFH).

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved