Virus Corona

Cegah Penyebaran Virus Corona, Marwan Jafar: Peran Pendamping Desa Sebagai Pusat Informasi COVID-19

Marwan Jafar, mantan Menteri Desa PDTT, meyakini, para pendamping desa di seluruh desa di Indonesia dapat menjadi pusat informasi terkait COVID-19.

Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Marwan Jafar, anggota Komisi VI DPR yang juga mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, saat berbincang bersama wartawan di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019). Ia meyakini, para pendamping desa di seluruh desa di Indonesia dapat menjadi pusat informasi terkait COVID-19. 

Salah satu cara pencegahan penyebaran wabah Covid-19 hingga ke daerah dan desa-desa dibutuhkan kesiapsiagaan semua komponen bangsa, termasuk keberadaan pendamping desa.

Hal demikian sangat terkait adanya informasi yang benar tentang wabah virus corona.

Marwan Jafar, mantan Menteri Desa PDTT, meyakini, para pendamping desa yang tersebar di seluruh desa di Indonesia dapat menjadi pusat informasi terkait COVID-19.

Marwan Jafar, anggota Komisi VI DPR yang juga mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, saat berbincang bersama wartawan di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).
Marwan Jafar, anggota Komisi VI DPR yang juga mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, saat berbincang bersama wartawan di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019). (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

"Disini peran penting dan strategisnya para pendamping desa dalam melakukan fasilitasi, edukasi dan mediasi serta advokasi masyarakat terkait COVID-19," kata Marwan Jafar, Minggu (22/3/2020).

Anggota DPR RI Fraksi PKB ini mengatakan, masyarakat terutama di desa tidak hanya butuh informasi benar dan akurat terkait COVID-19 dan cara mencegahnya secara benar sesuai protokol kesehatan.

"Masyarakat juga membutuhkan agen-agen informan yang intens bekomunikasi dan bersosialisasi dengan pihak-pihak di desa," ujar Marwan Jafar.

Anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi PKB Mawar Jafar ikut hadir diantara puluhan ribu penonton JogjaROCKarta Festival 2020 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Minggu (1/3/2020) sore. Mantan Menteri Desa PDTT di Kabinet Kerja itu berpose bersama promotor kondang Anas Syahrul Alimi, founder JogjaROCKarta Festival.
Anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi PKB Mawar Jafar ikut hadir diantara puluhan ribu penonton JogjaROCKarta Festival 2020 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Minggu (1/3/2020) sore. Mantan Menteri Desa PDTT di Kabinet Kerja itu berpose bersama promotor kondang Anas Syahrul Alimi, founder JogjaROCKarta Festival. (Dokumentasi Rajawali Indonesia)

Dengan cara ini, lanjut Marwan Jafar, pendamping desa bisa bersinergi mengawal dan mengantisipasi berbagai langkah bersama stakeholder desa untuk mencegah wabah virus corona.

"Peran strategis inilah, saya yakin masyarakat dapat terhindar dari penyebaran virus corona di desa-desa," ujar Marwan Jafar.

Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved