Virus Corona

PLN Pastikan Pasokan Listrik ke Rumah Sakit Darurat Tanpa Gangguan

PLN menyiapkan kebutuhan listrik secara khusus di Komplek Wisma Atlet, dengan memasoknya dari dua subsistem yang berbeda.

Dok. Humas Ditjen Perumahan PUPR
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan menyiapkan empat tower Wisma Atlet Kemayoran untuk menjadi Rumah Sakit Darurat Covid 19. 

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyiapkan kebutuhan aliran listrik di Wisma Atlet Kemayoran, yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai Rumah Sakit Darurat dan Ruang Isolasi bagi pasien Covid-19.

Dalam upaya memantau pelaksanaan tugas ini, Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali PLN, Haryanto WS dan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, berkunjung ke Wisma Atlet, Sabtu (21/3).

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS, meninjau Gas Turbine (GT) #4-2 sebesar 300 MW PLTGU Jawa 2 di PLTGU Jawa 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (1/8/2018).
Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS, meninjau Gas Turbine (GT) #4-2 sebesar 300 MW PLTGU Jawa 2 di PLTGU Jawa 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (1/8/2018). (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

Haryanto WS mengatakan bahwa PLN menyiapkan kebutuhan listrik secara khusus di Komplek Wisma Atlet, dengan memasoknya dari dua subsistem yang berbeda, yang sudah dilengkapi ACO (Automatic Change Over).

Dengan begitu, apabila sumber listrik utama mengalami ganggguan maka secara otomatis sumber cadangan akan mengambil alih.

"Listrik dari subsistem ini masuk ke 3 gardu distribusi, dengan total daya 11.080 KVA yang kemudian dialirkan ke tower-tower di komplek Wisma Atlet. Adapula penambahan daya sebesar 3.500 VA yang dialirkan untuk pos keamanan dan dapur umum," kata Haryanto, Sabtu (21/3/2020).

Siaga

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, PLN juga sudah menyiagakan 2.371 personel yang siap mengamankan kelistrikan, terutama di tempat-tempat penting penanganan Covid-19 saat ini.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung program Pemerintah dalam rangka pengobatan dan isolasi pasien COVID-19. Salah satunya terkait pembuatan rumah sakit darurat dan ruang isolasi Covid 19 di Wisma Atlet.

"PLN akan terus memberikan pelayanan kelistrikan yang terbaik untuk bangsa dan negara, khususnya dalam situasi menghadapi pandemi COVID-19 saat ini," katanya.

Pelindung diri

Di tempat yang sama, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, menjelaskan bahwa dalam melaksanakan pekerjaan di lapangan, petugas PLN telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD), termasuk masker dan hand sanitizer.

"Petugas juga bekerja secara split work sebagai langkah social distancing. Pengaturan jarak antar petugas dan juga dengan orang lain di lapangan juga diterapkan oleh petugas PLN," katanya.

Rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19 juga menjadi pantauan utama PLN dalam keandalan listriknya. Petugas PLN selalu standby di lokasi untuk memastikan listrik tersalurkan dengan cukup dan andal.

Selain itu Petugas PLN tetap siaga 24 jam menjaga keandalan pasokan listrik di Jakarta dan sekitarnya, sehingga warga Jakarta bisa nyaman dalam menjalankan karantina mandiri.

"Kami jaga listrik untuk Anda, Anda di rumah untuk Indonesia," tandas Ikhsan.

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Inspeski Kelistrikan ke Rumah Sakit Tangani Pasien Covid-19

Sebelum Peralatan Medis Masuk, Petugas PMI Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Wisma Atlet Kemayoran

Dijadikan RS Darurat Covid-19, Ini Fasilitas Wisma Atlet Kemayoran yang Dapat Tampung 22.276 Orang

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved